Bagaimana UMKM Bisa Bertahan, Ini Caranya - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Bagaimana UMKM Bisa Bertahan, Ini Caranya

Peluang Usaha
bagaimana umkm bisa bertahan ini caranya
Bovi Villa

MEGAPOLITANPOS.COM Kota Malang- Berbagai cara yang dilakukan oleh beberapa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di beberapa daerah untuk memajukan baik manajemen dan marketing pemasarannya. Dalam hal ini, sebuah lembaga Non Goverment Organization (NGO) memberi pelatihan motivasi untuk memajukan usaha rakyat tersebut.
Sementara, lembaga yang bernama Kinerja Hijau tersebut mendapat sebuah kepercayaan dan amanah serta dukungan program dari PT HM Sampoerna untuk membantu ibu-ibu dalam meningkatkan peluang akses pemberdayaan ekonomi.

Bovi Villa, Sekretaris Eksekutif Kinerja Hijau, mengatakan bahwa dalam pelatihan kali ini dilakukan dengan peserta dari 3 Kabupaten di Jawa Timur (Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto).

"Terdiri dari 6 kelompok desa dengan sasaran masing-masing desa 30 orang dengan total 180 orang yang nantinya akan didampingi oleh fasilitator Kinerja Hijau dalam akses modal dan pemasaran selama 6 bulan masa program," kata dia, Sabtu (14/04/2018) malam, saat mengadakan pelatihan motivasi UMKM di Kota Malang, Jawa Timur.

Ditambahkan Bovi, “Selain pemberian motivasi dalam progam pelatihan, Kinerja Hijau akan melalukan assement modal, pendampingan kelompok (community Organizing), pelatihan tematik, dan pembekalan soft skill," tandas dia.

Salah satu peserta pelatihan, Ana Aftika, dari UMKM Cahaya desa Baujeng Kabupaten Pasuruan mengungkapkan, bahwa dirinya merasa terbantu sekali dan berterimakasih kepada Kinerja Hijau, karena dapat merasakan manfaat pelatihan kali ini.
"Terutama hal-hal apa saja yang dibutuhkan dalam hal pendanaan, akses modal kredit. Yang terpenting dalam pelatihan kali ini, dapat dibantu cara pemasaran dengan membuat ruang pameran untuk menyerap produk-produk yang dibuat oleh UMKM," tegas Ana.

Seperti yang diketahui, untuk rencana tindak lanjut, Kinerja Hijau akan kembali mempertemukan 6 desa dan akan melakukan soft ekspose supaya hasil-hasil UMKM dapat dipamerkan dalam acara dengan yang bertajuk “Kampoeng UMKM”.Putut

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top