Polda Metro Jaya, Berhasil Ungkap Lanjutan Kasus Skimming - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Polda Metro Jaya, Berhasil Ungkap Lanjutan Kasus Skimming

Hukum
polda metro jaya berhasil ungkap lanjutan kasus skimming
Rilis Polda Metro Jaya

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta-Polda Metro Jaya menggelar rilis atas keberhasilannya mengungkap lanjutan kasus pencurian data elektronik (skimming) serta tindak pidana pencucian uang yang melibatkan warga negara asing (WNA) diantaranya AVH (37), YMH (33) dan IVN (36).

"Kasus ini lanjutan dari keberhasilan penangkapan sebelumnya serta menindaklanjuti laporan dari perbankan dan melakukan penyelidikan bersama Bank Indonesia." kata Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono, Selasa (3/4/2018).

Sementara itu, Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta Karokaro mengatakan, penangkapan dilakukan di dua tempat yaitu Jakarta dan Yogyakarta.

"Penangkapan pelaku yang merupakan warga Bulgaria, Hungaria, Chili dan Taiwan tidak terlepas dari kerja sama masyarakat dan satpam." terang Nico.

Nico berpesan kepada masyarakat agar selalu menutup tombol pin yang dipencet saat menarik uang dari ATM.

"Modus mereka selain menggunakan alat skimmer, mereka juga memasang spy cam diatas tombol ATM. Jadi, walaupun mereka mengambil data namun tidak akan bisa menarik uang selama tidak mengetahui nomor PIN." tandasnya.

Pelaku akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencucian uang, pasal 46 dan 47 tentang ITE dengan hukuman penjara paling lama 20 tahun.MR/Johan

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top