Forum Komunikasi Warga Peduli Kesehatan (FKWPK) Bogor Mengadakan Pelatihan Pendampingan Warga. - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Forum Komunikasi Warga Peduli Kesehatan (FKWPK) Bogor Mengadakan Pelatihan Pendampingan Warga.

Kesehatan
forum komunikasi warga peduli kesehatan fkwpk bogor mengadakan pelatihan pendampingan warga
Berpose Bersama Setelah Selesai Pendidikan.

Megapolitanpos.com Bogor: Kabupaten Bogor dengan teritori yang sedemikian luas memiliki banyak masalah dalam melakukan pelaksanaan jaminan kesehatan dan pelayanan kesehatan baik di Puskesmas maupun di Rumah Sakit (RS).

Masih banyak warga kabupaten Bogor yang belum tersentuh jaminan kesehatan dan ironisnya hal tersebut lebih disebabkan karena minimnya informasi baik yang diberikan oleh pemerintah daerah dalam hal ini dinas kesehatan (dinkes) maupun oleh Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal ini makin diperparah dengan masih buruknya pelayanan kesehatan baik dj RSUD maupun RS Swasta yang berada di kabupaten Bogor.
Untuk mengatasi hal tersebut sekelompok warga yang difasilitasi oleh Komite Persiapan Organisasi Pemuda (KPOP) membentuk wadah yang bernama FKWPK guna melakukan pendampingan terhadap warga yang mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan birokrasi baik di dinkes, puskesmas, RS, maupun di BPJS.
Ratusan warga disekitar Ciampea Bogor sudah merasakan pertolongan yang dilakukan oleh FKWPK, dimana para anggotanya senantiasa 24 jam siap bergerak melakukan pendampingan mana kala ada warga yang melapor ketika mengalami kesulitan dalam mengakses hak jaminan kesehatannya.

Untuk itu pada hari minggu (13/9) mereka mengadakan pelatihan advokasi guna memperkuat pemahaman dan pengetahuan anggota mereka sehingga dalam melakukan pendampingan tidak lagi hanya sebatas rasa kemanusiaan semata namun memahami juga landasan hukum dan peraturan yang ada dalam memperjuangkan hak kesehatan rakyat.

Oki, ketua KPOP dalam keterangannya saat dihubungi redaksi mengatakan "bahwa penting untuk membekali anggota FKWPK tentang pemahaman apa itu pendampingan warga, landasan hukumnya, hambatan dan masalahnya serta solusinya sehingga ke depan anggota FKWPK semakin cakap, cerdas, cekatan dan cepat memecahkan masalah yang mereka temui dilapangan saat melakukan pendampingan warga di RS"

Dalam pendidikan yang diadakan anggota FKWPK mendapat materi diantaranya Fungsi dan Tugas Organisasi dan Mekanisme Pendampingan Warga Di RS. Hadir sebagai pembicara Agung Nugroho, Ketua Umum Rekan Indonesia.

Mengenai hadirnya organisasi lain dalam oendidikan FKWPK, Oki menjelaskan "Selain itu juga kami membuka kehadapan mereka bahwa yang mereka lakukan selama ini tidaklah sendiri, tapi ada juga organ lain yang melakukan hal yang sama sehingga mereka dapat menambah semangat"

"Kedepan kami berharap akan terbentuk satu aliansi yang kuat dan solid untuk bersama sama memperjuangkan hak jaminan kesehatan rakyat yang saat ini semakin lama semakin menuju industri asuransi dan semakin jauh fari sebuah skema jaminan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat"(AN)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top