2018 Kemenkop UKM Pokus Pelatihan Kewirausahaan di Daerah - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

2018 Kemenkop UKM Pokus Pelatihan Kewirausahaan di Daerah

Peluang Usaha
2018 kemenkop ukm pokus pelatihan kewirausahaan di daerah
Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Prakoso BS beserta Jajaran di Jakarta, Selasa(30-1-2018)

Jakarta, MEGAPOLITANPOS.COM : Dalam upaya mewujudkan Nawacita ketiga yaitu “Membangun Indonesia dari pinggiran” dan mendukung Program Prioritas Nasional Tahun 2018 di bidang Pendidikan dan Penanggulangan Kemiskinan, Program/Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM KUKM pada tahun 2018.Kementerian Koperasi dan UKM(Kemenkop UKM) berharap dapat menjangkau wilayah/daerah 3T (Tertinggal, Terbelakang dan Terluar), Pasca bencana, Daerah Ekonomi Khusus dan kawasan Pariwisata.Demikian ditegaskan Deputi Bidang SDM Kemenkop UKM Prakoso BS di Jakarta, Selasa (30-1-2018).

Menurut Prakoso, Jangkauan Daerah 3T yang dimaksud meliputi daerah tertinggal, daerah perbatasan, daerah pasca bencana, daerah ekonomi khusus, dan daerah pariwisata dengan jumlah keseluruhan mencapai 2.850 orang peserta melalui Pelatihan Kewirausahaan dan Pelatihan Vocational.

“ Anggaran Deputi Bidang SDM berjumlah Rp 131,997,694.000 dengan target output sebanyak 21.390 orang peserta pelatihan, “ ujar Prakoso.

Prakoso menambahkan dalam upaya mewujudkan rencana aksi dan pelaksanaan kegiatan tahun 2018 pihaknya bekerjasama dengan Kementerian/Lembaga dan Stakeholder antara lain :

a. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, melalui Program Pengarusutamaan Gender (PUG) dengan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Melalui GKN berbasis Gender, Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pasca TKI dan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Penyandang Disabilltas dengan Target 700 orang peserta

b. Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Program Pembangunan Kemaritiman dengan Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Nelayan dan Pelatihan Vocational dengan target 680 orang peserta .

c. Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Koperasi dan BUMDES dengan kegiatan Pelatihan Perkoperasian, Pelatihan Kewirausahaan dan Pelatihan Vocational dengan target 400 orang peserta

d. Kementerian Ketenagakerjaan melalui Pogram Desa Migran Produktif (Desmigratif) dengan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Buruh dan Pasca TKI target 320 orang peserta

e. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Program Pengembangan Perkoperasian dan Kewirausahaan di Lingkungan Satuan Pendidikan dengan kegiatan Pelatihan Perkoperasian dan Kewirausahaan dengan target 430 orang peserta.

f. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Hukum dan HAM, praktisi kewirausahaan dalam menyusun pandangan pemerintah terhadap Rancangan Undang-Undang Kewirausahaan Nasional

g. Dewan Kerajinan Nasionaifoekranas) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Melalui Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan, Pelatihan Vocational dan Pelatihan Perkoperasian, dengan target 100 orang peserta.

Dan masih banyak lagi bentuk kerjasama dengan K/L. Lembaga Pendidikan Tinggi/Universitas, BUMN, BUMS, LSM, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan melalui pelatihan dan Magang.

Sementara itu ditempat yang sama Asisten Deputi Bidang Pengembangan kewirausahaan, Budi Mustopo mengutarakan bahwa peserta Wirausaha Pemula (WP) nantinya akan dilakukan pendampingan guna mengakses permodalan dan kesempatan bekerja.

“ Melalui Dana Alokasi Kementerian (DAK) tugas pendampingan otomatis akan menyalurkan peserta WP bekerja dan mengakses permodalan Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau Kredit Ultra Mikro(UMI),” Kata Budi.

Program Unggulan 2018

  1. Pelatihan Kewirausahaan Melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional Bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, pengetahuan, jiwa berwirausaha SDM Koperasi dan UKM di bidang kewirausahaan dengan sasaran peserta adalah berasal dari kalangan Pemuda dan mahasiswa, Organisasi Masyarakat, Kelompok Strategis, Perempuan, Kelompok Masyarakat Marginal, Gerakan Koperasi, Petani, Nelayan, Buruh, Pasca Magang dan TKI, Penyandang disabilitas.
Melalui pelatihan Kewirausahaan peserta didorong untuk dapat meningkatkan kinerja usahanya dengan mengakses modal pembiayaan baik melalui bantuan Wirausaha Pemula, KUR, Pinjaman LPDB dan Pembiayaan Ultra Mikro (UMI) target sasaran TA 2018 berjumlah 5.150 orang peserta.

2. Pelatihan Perkoperasian

Bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM Koperasi dan UKM, khususnya pengelola koperasi dalam mendukung usaha Koperasi dan UKM yang berkelanjutan dan meningkatkan partisipasi anggota aktif dengan sasaran peserta adalah berasal dari SDM Koperasi (anggota, pengurus, pengelola, pengawas koperasi), Kelompok Masyarakat Strategis, Kelompok satuan Pendidikan (pelajar/siswa, mahasiswa, santri), organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemasyarakatan, Lembaga Swadaya Masyarakat, target sasaran TA 2018 berjumlah 2.000 orang.

3. Pelatihan Vocational

Bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan meningkatkan kualitas produk UMKM. Sasaran Peserta adalah pelaku SDM Koperasi dan UMKM, Kelompok Strategis, anggota organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Petani dan Nelayan. Target Sasaran TA 2018 berjumlah berjumlah 4.180 orang.

4. Pelatihan Berbasis Kompetensi

Pelatihan Berbasis Kompetensi berpedoman pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang telah disepakati secara nasional terkait dengan keahlian, pengetahuan dan sikap yang dibutuhkan untuk pekerjaan tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui apa yang dapat dilakukan seseorang sebagai hasil dari pelatihan. Salah satu karakter yang paling penting dalam pelatihan berbasis kompetensi adalah bahwa pelatihan ini menitikberatkan pada apa yang dilakukan sesuai dengan pekerjaan sebenarnya di tempat kerja. Pada tahun 2018 dengan sasaran peserta berjumlah 2.970 orang dengan jenis pelatihan berbasis kompetensi.

***Ach.Sholeh

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top