Jelang Pilkada Serentak, SBY minta TNI dan Polri harus Netral - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Jelang Pilkada Serentak, SBY minta TNI dan Polri harus Netral

Politik
jelang pilkada serentak sby minta tni dan polri harus netral
poto : megapolitanpos.com

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Bogor-Mantan Presiden RI juga Ketua Umum Partai Demokrat SBY, mengataka ia meminta Institusi TNI dan Polri harus netral dalam Pilkada serentak nanti tahun 2018, di kantor DPC Demokrat Kabupaten Bogor, Kamis (5/1) 2018.

Pendiri Partai Demokrat tersebut juga meminta agar TNI, POLRI bahkan BIN, serta Kejaksaan, untuk mencegah kemungkinan terjadi kolusi dan konspirasi sesama elemen negara, dengan Partai Politik tertentu.

Menurutnya, kalau terjadi kolusi atau konspirasi itu adalah sebuah kejahatan politik yang sanksinya berat,"cegah kriminalisasi terhadap lawan politik, apalagi kalau itu sebuah pesanan dari kekuasaan partai tertentu dan jangan permainkan hukum untuk kepentingan politik," ujarnya.

Ia juga menyoroti sejumlah perwira aktif baik TNI maupun POLRI, agar mengikuti aturan apabila ingin maju dalam Pilkada, apabila ingin maju dalam Pilkada, karena masyarakat luas menilai dan mempergunjingkannya.

SBY meminta Personil TNI dan Polri yang hendak maju dalam Pilkada atau Pemilu harus patuh aturan dan ketentuan yang berlaku."Patuhilah dan jangan melanggar aturan, agar tak terjadi pergunjingan masyarakat luas," tuturnya.

Kepada media massa dan PERS mantan presiden RI itu mengatakan, media massa harus Independen, adil dan konstruktif, hal tersebut sangat di perlukan demi adil demokratisnya Pemilu, dan pada hakekatnya media massa sejatinya adalah punya rakyat dan milik kita semua, maka sepatutnya media massa tidak di gunakan hanya untuk kepentingan pemilik modal.

Hubungan media massa dengan Pemerintah memang harus baik tanpa meninggalkan daya kritisnya, karena kekuasaan harus dikontrol sehingga tidak disalah gunakan, dan media massa yang menjadi corong Partai politik tertentu, telah merusak keadilan karena demokrasi dan pemilu bukan hanya milik orang kaya dan kuat," ucapnya.

Ia menambahkan, Partai Demokrat mendukung penuh upaya Komisi Pemilihan umum (KPU), dalam mengatur pemberitaan dan lainnya sehingga Pemilu lebih adil bagi perserta Pilkada atau Pemilu.Purba



Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top