Ketua DJSN: Program JKN Alami Defisit Anggaran - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Ketua DJSN: Program JKN Alami Defisit Anggaran

Bisnis
ketua djsn program jkn alami defisit anggaran

Jakarta, MEGAPOLITANPOS.COM : Indonesia memulai era implementasi Sistem Jaminan Sosial Nasional pada 1 Januari 2014 ditandai dengan lahirnya BPJS Kesehatan yang menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional dan BPJS Ketenagakerjaan yang menyelenggarakan program Jaminan Sosial Bidang Ketenagakerjaan.

Momentum implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional yaitu dengan disepakatinya pencapaian kepesertaan semesta program jaminan kesehatan (universal health coverage) pada tahun 2019.



Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Sigit Priohutomo terkait hal itu mengatakan, hasil monitoring dan evaluasi DJSN menunjukkan bahwa Sejak operasional program jaminan kesehatan nasional tahun 2014 telah terjadi defisit anggaran dana jaminan sosial kesehatan, dan terus berlangsung hingga akhir tahun 2017 ini.

Sigit menegaskan, untuk sementara, defisit JKN masih dapat ditanggulangi. Namun demikian, untuk jangka panjang, defisit JKN akan menggerogoti kepercayaan publik [distrust) terhadap JKN. Jika keadaan itu terjadi, maka amanat UUD 45 tidak bisa dilaksanakan dengan baik.

“ kondisi ini memerlukan perhatian yang serius dan intervensi kebijakan yang komprehensif serta diperlukan langkah strategis yang dapat mencegah berkembangnya distrust guna menjamin kesinambungan JKN “ katanya pada saat pembukaan acara “ Kaleidoskop Penyelenggaraan Jaminan Sosial Tahun 2017 “ di Jakarta, Kamis (28/12/2017).

Di tambahkannya, Program Jaminan Kesehatan Nasional dengan mekanisme asuransi sosial selama ini belum terpenuhi secara utuh. Prinsip dasar itu adalah kecukupan dana bersama (adequacy).

“ pemerintah seharusnya mulai menghitung harga keekonomian setiap tahun dari masing-masing kelompok cbg dan kapitasi dikalikan dengan jumlah klaim menurut pengalaman tahun sebelumnya, Data itu menjadi acuan untuk perhitungan luran dengan membaginya dengan jumlah peserta aktif yang kemudian ditetapkan besaran iuran dalam Peraturan Presiden” katanya.(AS)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top