Swisscontact dan Selanting Promosikan Danau Masoraian Sebagai Paket Wisata Unggulan - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Swisscontact dan Selanting Promosikan Danau Masoraian Sebagai Paket Wisata Unggulan

Wisata
swisscontact dan selanting promosikan danau masoraian sebagai paket wisata unggulan
Para wisatawan dan pelaku usaha wisata sedangn menikmati indahnya vegetasi di Danau Masoraian

PALANGKARAYA, MEGAPOLITANPOS.COM-- Bupati Kotawaringin Barat H Nurhidayah mengedepankan delapan prioritas pembangunan daerah. Salah satu program unggulannya adalah pariwisata. Sejalan dengan itu, Komunitas Wisata Danau Masoraian telah bergerak cepat.

Komunitas Masoraian yang beranggotakan masyarakat Kotawaringin Lama ini sudah mulai menjual paket-paket wisata melaluifield tripdan gatheringdengan para pelaku wisata di daerah itu. Atas dorongan dan prakarsa lembaga konsultan pariwisata internasional Swisscontact dan komunitas budaya Selanting, field trip perdana ke Danau Masoraian telah berhasil diselenggarakan.

Pelaku wisata (stake holdfers) yang ambil bagian dalam trip dan gathering ini diantaranya para agensi /operator wisata, konsultan, pemandu wisata, journalist dan para wisatawan, termasuk di dalamnya komunitas budaya Selanting. Gathering yang berlangsung dua hari plus satu malam (23- 24 Desember 2017) itu sejatinya sekaligus merupakan pemanasan dalam menyongsong tahun 2018.

Komunitas Danau Masoraian yang berada di bawah pengelolaan Yayasan Alnursari itu menyediakan paket unggulan yang memadukan antara wisata budaya dengan wisata alam. Karena itu, wisatawan dapat menikmati dua hal sekaligus. Yakni wisata budaya yang berpusat di Astana Alnursari dan wisata alam yang berpusat di Danau Masoraian.

Wisata budaya Alnursari, selain menikmati bermalam di dalam rumah raja (Astana) dengan suguhan berbagai macam straksi budaya seperti seni hadrah, seni japen dan tapung tawar, juga bisa mengunjungi masjid tertua di Kalimantan Tengah yang dibangun pada abad XVII, yakni Masjid Kyai Gede. Selain itu, juga makam para raja Kerajaan Kotawaringin ‘Makam Kuta Tanah’ dan ‘Makam Kyai Gede’.

Sedangkan paket wisata alam, selain menyusuri sudut-sudut Danau Masoraian ditambah kegiatan memancing ikan, juga mengunjungi petani aren, yang memroduksi gula aren.

“Kami sangat berterima kasih. Dengan segala kekurangan yang ada pada kami sebagai komunitas, kami harap seluruhstake holderspariwisata di Kotawaringin Barat tetap bersemangat menjual destinasi-destinasi unggulan daerah seperti Astana Alnursasi dan Danau Masoraian ini,” kata Gusti Samudra, Ketua Yayasan Alnursasi.

Pariwisata merupakan keniscayaan bagi daerah untuk membangkitkan kegiatan ekonomi masyarakat. Di Kotawaringin Barat, yang sudah bangkit dan survive adalah ekonomi korporasi. Yaitu ratusan perusahaan kelapa sawit baik yang kelas nasional maupun international, beroperasi di daerah ini.

Sementara ekonomi rakyat kecil masih sangat terabaikan. Demikian ungkap Yohanes Widada selaku penasehat Yayasan Alnursari dan Komunitas Masoraian. Ia berharap, Pemerintah Daerah menyadari hal ini. Sudah saatnya menghidupkan sektor pariwisata yang diharapkan bakal menyentuh kehidupan masyarakat banyak. “Karena itu, khusus berkaitan dengan destinasi yang ada di pedalaman, kami berharap pemerintah daerah proaktif mempersiapkan berbagai infrastruktur dan peralatan yang dibutuhkan. Dinas Pariwisata hendaknya lebih fokus lagi menjembatani dan memberi solusi permasalahan yang ada,” tuturnya kepadaMegapolitanpos.com.

Selain infrastruktur seperti jalan, titian, kelotok, lampu penerangan, toilet umum/MCK yang higinies, sarana komunikasi (internet), pemerintah juga memacu kelengkapan lain. Misalnya memacu ketersediaan souvenir/kerajinan tangan, kuliner atau oleh-oleh, penginapan, dan seterusnya. “Daerah wisata tidak bisa tumbuh sendiri. Tetapi harus dipacu dan didorong,” tegasnya.

Kepala Swisscontaact Pangkalan Bun, Rasdi menilai, sebagai pengelola, Komunitas Masoraian sudah cukup baik dan terampil. “Mereka sangat antusias melayani para pengunjung. Meski, di sana-sini perlu penyempurnaan. “

(Dhani/*)



Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top