Gubernur Dan Wakil Gubernur DKI Dapat Gelar Kehormatan Dari Bamus Betawi - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Gubernur Dan Wakil Gubernur DKI Dapat Gelar Kehormatan Dari Bamus Betawi

Jakarta Selatan
gubernur dan wakil gubernur dki dapat gelar kehormatan dari bamus betawi
Pemberian gelar kehormatan

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarata dan Wakil Gubernur Anis Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno beserta istri mendapatkan gelar kehormatan dari Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi. Pemberian gelar di Pusat Kebudayaan Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan, Sabtu (16/12/2017).

Pemberian gelar kehormatan dari Bamus Betawi berdasarkan surat No. 381/SK/Bamus Betawi/XII/2017 gelar kehormatan berupa julukan 'Abang' dan 'Empok' Betawi. "Dengan adanya pemberian gelar adat ini, budaya Betawi akan menjadi sejati di ibukota Jakarta ini,"ujar H. Zaenudin Ketua Umum Bamus Betawi saat memberikan sambutanya.

Pemberian gelar adat ini juga kita harapkan ada jalinan batin hubungan budaya masyarakat Betawi dengan pemerintah. Terutama budaya silat Betawi agar dimasukkan dalam kurikulum pelajaran muatan lokal di tingkat pendidikan SD, SMP dan SMA di DKI Jakarta.

Selain mendapatkan julukan Abang dan Empok, pasangan gubernur DKI Jakarta beserta istri ini juga mendapatkan simbolik 'Kuku Macan' dan 'Selendang' sebagai pertanda pendekar Betawi.

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anis mengungkapkan, banyak terima kasih dan bangga kepada masyarakat Betawi atas gelar yang diberikan.

"Kami sangat berterima kasih dan doakan kami senantiasa dapat memanggul gelar ini kami juga ingin membuka kerja sama untuk memajukan budaya Betawi di banyak tempat,"ujarnya.

Kami berharap ada banyak program yang mengajak remaja Betawi untuk menjaga dan melestarikan budaya Betawi khususnya silat.

Diakhir acara, ditampilkan peragaan silat kolosal dari berbagai aliran silat Betawi diantaranya PS. SinLamBa, Tiga Berantai, Beksi, Cingkrik, Deprok, Mustika Kwitang dan berbagai aliran lainnya.

Dalam acara ini turut hadir Dewan Penasehat IPSI sekaligus Majelis Tinggi Adat Betawi Edi Marzuki Nalapraya, Wakil Ketua Umum IPSI Nahrowi Ramli, Walikota Jakarta Selatan H. Arifin M.AP dan para sesepuh perguruan silat di Betawi. MR

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top