BTM Rajut Kemitraan dengan Bank Muamalat - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

BTM Rajut Kemitraan dengan Bank Muamalat

Bisnis
btm rajut kemitraan dengan bank muamalat
BTM MoU dengan Bank Muamalat

Jakarta, MEGAPOLITANPOS.COM - Setelah beberapa tahun jeda dalam membangun sinergi dengan Bank Muamalat Indonesia, akhirnya Induk Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) kembali merajut kemiteraan dengan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan BMI dalam program pemanfaatan produk pelayanan Bank Muamalat yang bisa dimanfaatkan oleh jaringan BTM yang tersebar di berbagai jaringan daerah.

Ketua Induk BTM Achmad Suud dalam kesempatan itu mengatakan--bahwa kemiteraan dengan BMI bukan sesuatu yang sangat baru karena sebelumnya kemiteraan tersebut sudah berjalan sejak lama. Bahkan BTM juga pernah melakukan co brainding dengan BMI dalam pemanfaatan kartu ATM sebagai alat transaksi. Selain itu pula BTM juga membantu kepada BMI dalam menyalurkan pembiayaan mikro dalam linked program.

" Dengan demikian adanya MoU membuka kembali kemitraan bisnis yang telah berjalan lama," kata Suud diacara MoU di Muamalat Tower Jakarta, Selasa (12/12). 

Keberadaan BTM sebagai lembaga keuangan mikro (LKM) Muhammadiyah dipandang sangat strategis sekali bagi lembaga keuangan syariah lainya. Hal ini tidak lepas dari infrastuktur yang dimiliki oleh BTM yang memiliki struktur Induk, pusat sekunder dan primer.

Dengan model keuangan mikro yang demikian otomatis BTM sebagai salah satu LKM yang tidak bisa dipandang sebelah mata secara manajemen. Apalagi dalam fakta-fakta yang ada dilapangan peran BTM sebagai cash managemen bagi amal - amal usaha Muhammadiyah. 

Melihat realitas tersebut, Afrid Wibisono selaku Head of Global Market BMI merasa sangat penting bermitra dengan BTM. Apalagi seat ini BMI sangat konsen dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Untuk itu merajut kembali hubungan dengan BTM sesuatu yang tak bisa dipisahkan oleh BMI. Apalagi produk dan pelayanan yang dimiliki oleh BMI memiliki korelasi yang sangat diperlukan oleh BTM. 

Afrid juga berharap dalam kemiteraan dengan BTM bukan sekedar hanya pada produk pembiayaan saja, tapi juga penguatan sumber daya insani bagi pengelola BTM.

"Dengan demikian ada simultan kemiteraan yang sama-sama bisa dimanfaatkan oleh kedua belah pihak dalam memajukan ekonomi umat,"terangnya. (Achmad Sholeh)

 

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top