Berdasarkan Survai Cabub Zaki Dan Iskandar Mirsad Populeritas Tertinggi - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Berdasarkan Survai Cabub Zaki Dan Iskandar Mirsad Populeritas Tertinggi

Kab Tangerang
berdasarkan survai cabub zaki dan iskandar mirsad populeritas tertinggi
Tim Survai Saat jumpa pers bersama media

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Tangerang - Tahun 2018 mendatang, masyarakat Kabupaten Tangerang akan melaksanakan pesta demokrasi dengan memilih calon Bupati dan Wakil Bupati untuk periode 2018-2023.

Meski tahapan pendaftaran Cabup dan Cawabup di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) sudah dekat, saat ini belum ada kandidat yang secara resmi menyatakan sebagai pesaing petahana (Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar). Artinya sosok petahana dianggap sebagai sosok yang kuat, sehingga tokoh lain sangat berhitung untuk maju sebagai pesaing petahana.

"Jika didaerah lain para tokoh maju untuk bersaing menjadi nomor satu (Kepala daerah/Bupati), di Kabupaten Tangerang, para tokoh berebut menjadi pendamping nomor satu (Wakil kepala Daerah/Wakil Bupati) karena kuatnya petahana," ungkap Peneliti Alvara Researh Center, Lilik Purwadi saat mengelar komprensi pers, di Kawasan Citra Raya, Kabupaten Tangerang, Senin (11/12/17).

Lilik menjelaskan, untuk mengetahui sosok yang dianggap tepat oleh masyarakat Kabupaten Tangerang, untuk mendampingi Bupati petahana, Alvara Researh Center melakukan survey secara face to face (tatap muka) kepada 802 responden terpilih.

Riset ini, kata Lilik, dilakukan dengan pendekatan riset kuantitatif, survey dilaksanakan pada rentang tanggal 26 November hingga 3 Desember 2017.

Lilik menegaskan, metode sampling yang digunakan adalah multistage random sampling, dengan margin error 3.4 % dan tingkat kepercayaan 95%. Pada tingkat ini, seluruh Kecamatan diambilnya, dan besaran sampel tiap Kecamatan sesuai dengan proporsi jumlah pemilih. Profil responden pada riset ini, sesuai dengan profil demografi Kabupaten Tangerang. Responden seimbang dari sisi gender, responden pria sebesar 49.1 % dan responden wanita sebesar 50.9 %. Mayoritas responden telah menikah (77.9 %) dan mayoritas tinggal di urban (perkotaan) dengan persentase sebesar 80%, sedangkan yang tinggal di rural (pedesaan) sebesar 20%.

Ia menambahkan, mayoritas responden muda (17-35 tahun), dengan perestanse responden berusia 17-25 tahun sebesar 28.6 %, dan persentase yang berusia 26-35 tahun sebesar 28.5 % dan SEC A sebesar 38.4 %.

Dari sisi pekerjaan mayoritas bekerja sebagai karyawan swasta dan BUMN (32%), sedangkan dari sisi agama dan suku mayoritas beragama islam (96%), berasal dari suku sunda (40.4%) dan jawa (34.3%).

Lilik menilai, diukur dari tingkat kepuasan publik kinerja petahana (Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar) sangat baik. Makin tinggi tingkat kepuasan publik, maka kinerja seorang kepala daerah dianggap makin baik. Hasil riset menemukan bahwa mayoritas publik merasa puas dengan kinerja Bupati Ahmed Zaki Iskandar, dengan tingkat kepuasan publik mencapai 93.3%. Bisa disimpulkan bahwa kinerja Bupati Ahmed Zaki Iskandar mendekati sempurna dimata publik.

"Publik menilai kinerja Bupati Ahmed Zaki Iskandar sangat baik. Publik merasa puas dengan kinerja Bupati sebesar 98.3%. Beberapa aspek yang perlu ditingkatkan kinerjanya antara lain, peningkatan lapangan pekerjaan, pengentasan kemiskinan serta penanganan sampah," ujarnya.

Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati mendatang, ujar Lilik, selain Ahmed Zaki Iskandar tokoh lain yang memiliki populeritas tinggi, adalah Iskandar Mirsad, Tommy Kurniawan, Mad Romli, Dwi Jatmiko, Aida Hubaidah, Sri Pangung Lesttari dan Topari.

"Ahmed Zaki Iskandar, Iskandar Mirsad dan Tommy Kurniawan, paling dikenal publik. Riset ini menemukan bahwa dari nama-nama tokoh yang beredar dimasyarakat ada 3 tokoh yang paling dikenal publik, yaitu Ahmed Zaki Iskandar dengan tingkat populeritas 99.8 %, kemudian Iskandar Mirsad 86.4%, dan Tommy Kurniawan 84.3%. Artinya populeritas Zaki sebagai petahana, dibayang-bayangi oleh populeritas Isakandar Mirsad dan Tommy Kurniawan," jelasnya.

Nama-nama lain yang populeritasnya masih cukup jauh dibawah ketiga kandidat tersebut, jelas Lilik, antara lain Mad Romli (68%), Dwi Jatmiko (64.2%), Aida Hubaidah (61.1%), Sri Pangung Lesttari (55.6%), Topari (28.1%).

"Populeritas Ahmed Zaki Iskandar tinggi disemua Dapil. Populeritas Iskandar Mirsad tinggi di Dapil 2 (96.2%), Dapil 3 (92.4%), Dapil 4 (95.7%), Dapil 6 (95.8%), dan rendah di Dapil 1 (59.3%) serta Dapil 5 (77.3%). Populeritas Tommy Kuriawan tinggi di Dapil 3 (84.4%), Dapil 4 (96.3%), Dapil 5 (93.3%), Dapil 6 (95%), dan rendah di Dapil 1 (66.7%) serta Dapil 2 (71.9%). Mad Romli pupuler hanya di Dapil 2 (88.1%) dan Dapil 4 (95%)," pungkasnya. Nan

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top