Ratusan Pesilat Akan Ramaikan Festival Silat Betawi di Kota Tua Jakarta - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Ratusan Pesilat Akan Ramaikan Festival Silat Betawi di Kota Tua Jakarta

Mozaik
ratusan pesilat akan ramaikan festival silat betawi di kota tua jakarta
Festival Silat Betawi

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta - Para tokoh masyarakat Betawi baik dari komunitas, lembaga maupun unsur masyarakat lainnya akan menggelar acara kegiatan atraksi silat Betawi.

Adapun acara tersebut akan dimeriahkan oleh pesilat-pesilat lainnya seperti Karate, Tek kwon do dan tidak ketinggalan pula dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Areal Museum Fatahillah Kota Tua Jakarta, kini memang tempat yang sangat strategis dan cocok untuk menggelar Festival Tradisi Silat Betawi, selain lokasinya yang luas juga keramaian yang selalu dikunjungi dari pelbagai komunitas, masyarakat local, luar kota bahkan turis mancanegara.

Menurut Ketua Umum Brigade Anak Jakarta, Eky Pitung, saat ini sudah terdaftar para pesilat-pesilat tangguh yang ikut mengisi acara tersebut sebanyak 650 orang dari berbagai perkumpulan silat, bahkan bisa lebih

“Acara fastival tersebut akan diadakan pada tanggal 15, 16, 17Desember 2017. Persiapannya memang harus terencana secara matang dan kerjasama yang solid dengan semua pihak yang terlibat beserta para media yang mendukungnya.” Ungkapnya.

Dikatakan Eky Pitung, masyarakat lokal dan kaum Betawi nya sangat menyambut baik penyelenggaraan acara fastival tersebut, karena didalamnya tertuang upaya pelestarian seni budaya, situs-situs sejarah, pahlawannya bahkan para ulamanya.

Lebih jauh, Eky mengatakan bahwa peran pemerintah dan swasta bersama masyarakat lokal kiranya perlu bersinergi dalam upaya manangani masalah kota tua Jakarta terutama soal budaya dan sejarah masalalu nya yang belum maksimal terungkap, "ini perlu digali dari semua potensi yang ada, karena Kota Jakarta itu bukan hanya kota business semata,"Jelasnya.

Tentu saja penyelenggaraan Fastival Tradisi Silat Betawi selain untuk menghibur pengunjung di kawasan Meseum Kota Tua Taman Fatahila sekaligus gelar kreativitas jawara-jawara Betawi dalam persilatan, "terutama seni dan budaya yang terbesar diselenggarakan oleh putra-putra Betawi dalam targetnya mencapai pemecahan rekor MURRI,"Pungkasnya.

Note : Ichwan Lazuardi (Pokja Kota Tua)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top