Dinas LH Kabupaten Malang Tambah Anggaran Tangani Sampah Tahun 2018 - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Dinas LH Kabupaten Malang Tambah Anggaran Tangani Sampah Tahun 2018

Berita Daerah
dinas lh kabupaten malang tambah anggaran tangani sampah tahun 2018
Ir. Budi Iswoyo Kadis LH Kab.Malang

MEGAPOLITANPOS.COM, Malang- Menjelang tahun 2018 ke depan, nampaknya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Jawa Timur, serius menangani sampah di wilayah Kabupaten Malang.

Sementara, dari banyaknya jumlah penduduk di 33 kecamatan, yang dipadati hampir 400 desa ini, ternyata kuota sampah per hari mencapai 7.500 meter kuibik.
Dengan kondisi banyaknya sampah yang setiap hari dibuang oleh masyarakat, Kabupaten Malang tersebut, maka sangat diperlukan perluasan tempat pembuangan akhir (TPA) yang ada dan pengadaan TPA di beberapa wilayah.

Hal ini, seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan (LH) Kabupaten Malang, Ir. Budi Iswoyo."TPA yang ada saat ini yaitu TPA Talangagung yang berada di Kecamatan Kepanjen, akan diperluas hingga 2,4 hektar, ini sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengan Daerah untuk 2018 nanti," ujar Budi, Selasa (14/11/2017).

Dijelaskan olehnya, untuk saat ini, sudah tersedia 4 TPA di masing-masing unit pelaksana teknis (UPT) beberapa kecamatan, namun tidak hanya sampai disitu saja, 2018 mendatang akan dialokasikan penambahan TPA sebanyak 3 titik.

"Untuk penambahan 3 TPA, itu sudah di survey titiknya. Kalau 2018 nanti belum direalisasi, maka akan dianggarkan lewat PAK," ungkap dia.

Selain itu, lanjut Budi, armada pengangkut sampah berupa 1 unit dump truk, dengan estasi anggaran yang dialokasikan sebesar 800 juta rupiah hingga 1 miliar rupiah. Sementara, untuk tempat pembuangan sampah (TPS) juga akan ditambah 6 titik.
"TPS yang diajukan, anggaran yang dialokasikan sebesar 25 juta rupiah di luar lahan tanah yang dipakai, sedangkan kalau TPS itu memakai hanggar, anggaran yang dialokasikan sebesar 100 juta rupiah. Untuk sampah laut, Saya sudah minta lahan untuk TPS seluas 5 hektar kepada Perhutani tinggal menyusun kesepakatannya," pungkas dia.Putut

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top