Alih Profesi Pria Ini Di Majalengka, Budidaya Jangkrik Pilihan Untuk Berwirausaha - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Alih Profesi Pria Ini Di Majalengka, Budidaya Jangkrik Pilihan Untuk Berwirausaha

Peristiwa
alih profesi pria ini di majalengka budidaya jangkrik pilihan untuk berwirausaha
Budidaya jangkrik

MEGAPOLITANPOS.COM - Majalengka-Budi daya jangkrik disaat ekonomi sulit saat ini adalah sebuah pilihan pria ini yang mengaku sebelumnya bekerja di desa sebagai Kepala Urusan Ekonomi dan Pembangunan (Kaur Ekbang) untuk mengembangkan usahanya dalam berwirausaha.

Ide dan pilihan untuk beralih profesi sudah merupakan niat dirinya untuk menekuni budidaya jangkrik mengikuti jejak sang kakak yang telah lebih dulu menekuni usaha tersebut.

Kelahiran 1986 asli dari Desa Beusi, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka Wawan Hermawan sendiri seperti diketahui memiliki usaha menjual jangkrik dengan modal awal Rp. 1 juta lebih hingga kini Wawan berhasil memperoleh omzet hingga Rp. 800 ribu/kilonya setiap bulannya.

Wawan menceritakan, alasan memilih bisnis ternak jangkrik lantaran melihat kebutuhan di tanah kelahirannya akan pemberdayaan dan usaha yang bisa memanfaatkan lingkungan alam sebagai bahan tambahan kebutuhan yang dinilai sampah tak guna seperti, daun kering pisang, batang pisang dan median bahan bekas tempat telor ayam tak terpakai.

Dia mulai menggeluti bisnis jangkrik dinilai belum lama, baru tiga bulan dengan bermodal uang Rp. 1 juta lebih, Wawan membuat 6 kotak jangkrik dan 2 kilogram (kg) telur jangkrik. Dari situ, Wawan mulai memainkan kelihaiannya mengembang biakkan jangkrik dan kini jumlah kotak jangkrik telah bertambah hingga berjumlah 24 kotak jangkrik.

"Dalam pemasaran hasil dari usia jangkrik laik untuk dijual tidak perlu bingung karena sudah ada yang menampungnya, jadi fokus dalam mengembangbiakan saja." kata, Wawan saat ditempat usahanya. Sabtu, (04/11/2017)

Masih katanya, bahkan telah ada beberapa orang yang sama menjalankan usaha seperti ini dari itu telah membuat semacam kelompok tani jangkrik dan telah mempunyai struktur kepengurusan. Dari itu, anggota berkomitmen dapat menyisihkan omzet untuk hal yang bersifat sosial nantinya. ** (Sigit).


Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top