BAPPENAS Menilai, Hadirnya BIJB Kertajati Majalengka Akan Menjadi Pusat Di Jawa Barat - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

BAPPENAS Menilai, Hadirnya BIJB Kertajati Majalengka Akan Menjadi Pusat Di Jawa Barat

Peristiwa
bappenas menilai hadirnya bijb kertajati majalengka akan menjadi pusat di jawa barat
poto : Istimewa

MEGAPOLITANPOS.COM, Majalengka-Kunjungan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro ke Kabupaten Majalengka menilai Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau yang dikenal dengan Bandara Kertajati akan menjadi pusat pertumbuhan baru di Wilayah Jawa Barat.

Menurut dia, Kertajati akan menjadi pusat pertumbuhan baru karena Jawa Barat ini pusat pertumbuhannya hanya bertumpu di daerah Bandung, Bekasi, Bogor, dan Cirebon.

"Kabupaten Majalengka merupakan wilayah ditengahnya, agak kosong dan kalau tidak dibangun dengan baik nantinya tidak akan berkembang dan tidak semaju daerah lainnya dan ini tidak fair untuk warga Jawa Barat." kata, kepala Bappenas Bambang saat di area BIJB Kertajati Majalengka. Jumat, (03/11)

Untuk itu lanjut Bambang, pembangunan Kertajati diharapkan menjadi penyambung di antara pusat-pusat pertumbuhan ekonomi Jabar yang selama ini terpisah di antara Bandung, Cirebon dan Bekasi-Bogor. Mengingat, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) terletak di Kertajati, sekitar 68 kilometer dari Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat. BIJB dibangun diatas lahan seluas 1.800 ha dan pembangunannya akan dibagi menjadi tiga tahap.

Dari keterangan itu, pada tahap pertama pembangunan, BIJB akan mengoperasikan satu landasan terbang sepanjang 3500 meter, nantinya sendiri setelah pembangunan selesai BIJB akan memiliki dua landasan terbang.

Untuk total area bangunan Terminal Penumpang sendiri adalah 121.000 meter persegi, yang dapat menampung 5 juta penumpang per tahun dan akan bisa menampung 18 juta lalu lintas penumpang di tahun berikutnya. Di Cargo depan, 0,004 juta ton telah ditangani dalam operasi pertama, kargo keseluruhan di BIJB akan diperluas secara besar-besaran hingga mencapai 1,5 juta ton pada 2045.

"Pembangunan Kertajati diharapkan tidak hanya Bandara dan Aerocity-nya, akan tetapi akan berdampak ke pembangunan kearah yang lebih baik di sekitarnya sebagai pemerataan Jawa Barat yang akan dipersatukan adanya pembangunan BIJB Kertajati ini." pungkasnya. ** (Sigit)


Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top