Yang Unik Dari Pesantren Alhuda: Santri Harus Peduli Orangutan - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Yang Unik Dari Pesantren Alhuda: Santri Harus Peduli Orangutan

Pendidikan
yang unik dari pesantren alhuda santri harus peduli orangutan
para santri Ponpes Alhuda menyimak paparan dari COP.

MEGAPOLITANPOS. COM --Palangkaraya, Para santri di Pondok Pesantren SMP IT Alhuda Kotawaringin Lama mendapat pembekalan tentang lingkungan dan penyelamatan orangutan.

Pembekalan itu dilakukan oleh lembaga yang memiliki komitmen tinggi terhadap orangutan. Yaitu Centre for Orangutan Protection (COP), pada Selasa (31/10'2017).

Dengan alas tikar dan karpet, para santri menyimak paparan petugas COP.

Sedikitnya 83 santri yang terbagi dari 51 santri putra dan 32 santri putri mengikuti materi kelas yang disampaikan.

Gusti Samudra, SE selaku ketua Yayasan Ponpes SMP IT Al-Huda memberikan perhatian lebih terhadap satwa liar yang dilindungi khususnya orangutan yang menjadi satwa khas pulau Borneo.

"Para santri sangat antusias dan aktif dalam menerima materi yang disampaikan terhadap penyelamatan orangutan. Rasa keingintahuan yang besar dan pengetahuan yang mendalam membuat para santri banyak yang ingin bertanya," kata Gusti Samudra kepada megapolitanpos. Com

Meteri yang disampaikan berupa slide materi dan pemutaran video tentang orangutan dan habitatnya.

Hal seperti sifat atau karateristik dan habitatnya yang tergusur menjadi hal yang paling banyak ditanyakan oleh para santri.

"Harapannya, agar para santri dapat lebih memahami dan mengerti akan dampak kepunahan satwa endemik tersebut dan dapat berperan aktif untuk melestarikan dan menjaga hutan Kalimantan beserta isinya."

Pemahaman usia dini tentang penyadartahuan memang sangat penting untuk lebih memahami satwa-satwa yang dilindungi beserta habitatnya. Jangan sampai nanti generasi kedepannya tidak tau dan hanya didapat dari cerita saja mengenai satwa-satwa endemik yang ada di hutan Kalimantan.

Bagi para santri, turut menyelamatkan lingkungan, termasuk orangutan, adalah bagian sari iman.

"Menyelamatkan lingkungan dan orangutan adalah salah satu cara kita bertaqwa kepada Allah SWT, " kata salah seorang santri. (Dhani/*)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top