Gerakan Masyarakat Sehat Di Malang - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Gerakan Masyarakat Sehat Di Malang

Peristiwa
gerakan masyarakat sehat di malang
Germas Kabupaten Malang

MEGAPOLITANPOS.COM - KabupatenMalang telah meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang,Selasa (31/10) siang.

Kepala Dinas Kesehatan Malang Abdurrahman mengatakan dilihat dari letak geografisnya, wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, terdiri dari 390 desa. Setidaknya, di bidang kesehatan disiapkan 1 dokter, 1 bidan, 2 perawat di setiap RT. Untuk itu, di sisi lain.

" Bertujuan menuju masyarakat yang sehat dengan terobosan baru, "ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kabupaten Malang, Abdurrahman, mengatakan paradigma masyarakat selama ini harus diubah. Rumah sakit yang selama ini menurut masyarakat adalah tempat untuk mengobati yang sakit, dirubah menjadi ‘sebelum sakit sebaiknya jaga kesehatan’

“Karena kalau masyarakat punya paradigma kalau sakit ya berobat ke rumah sakit, sebesar apapun anggaran pemerintah untuk kesehatan masyarakat akan habis. Makanya, sebelum sakit ya diubah pola hidupnya mengutamakan kesehatan,” katanya.

Diungkapkan olehnya, dilihat dari luasnya wilayah Kabupaten Malang, nantinya akan disediakan tenaga medis sampai wilayah RT. Dan, nantinya tenaga kesehatan itu bertugas mengunjungi rumah warga. Bagaimana pola hidupnya, dan bila ada perilaku tak sehat maka tenaga kesehatan segera mengarahkan.

"Yang pasti, peluncuran program ini didukung banyak lembaga maupun lapisan masyarakat mulai dari pihak swasta, pondok pesantren, puskesmas, dan banyak lainnya. Saya berharap, Kabupaten Malang bisa menjadi pioner Germas di Jawa Timur," pungkas dia.(Putut)


Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top