Belum Sempat Menjual, Pelaku Ilegal Logging Ditangkap Polisi - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Belum Sempat Menjual, Pelaku Ilegal Logging Ditangkap Polisi

Hukum
belum sempat menjual pelaku ilegal logging ditangkap polisi
Pelaku ilegal logging diamankan Polres Majalengka

Belum MEGAPOLITANPOS.COM - Majalengka - Kepolisian melalui Jajaran Satreskrim Polres Majalengka, Sabtu (16/09), jam 14.00 Wib membekuk tiga orang yang diduga sebagai pelaku penebangan liar (illegal logging) di kawasan hutan Perhutani, wilayah Gunung Pupuntangan, Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka. Tepatnya petak 5 RPH Pancurendang, BKPH Majalengka.

Kapolres melalui Kasat Reskrim Polres Majalengka, AKP Rina Perwitasari menyatakan pelaku yang ditangkap berjumlah tiga orang yaitu, berinisial U warga Majalengka, EH warga Tasikmalaya, dan MR warga Sumatera.

Telah melakukan penebangan pohon di kawasan hutan milik perhutani selanjutnya memasarkan dan dijual serta dibeli oleh perseorangan tanpa ijin yang dikeluarkan oleh penjabat berwenang berupa pohon kayu jenis sonokeling, untuk mendapatkan keuntungan.

Dalam menjalankan aksinya, ketiga orang ini memiliki peran berbeda. U berperan sebagai penebang pohon, EH bertindak sebagai perantara jual beli pohon dan MR sebagai pihak pembeli hasil penebangan pohon.

“Pelaku sudah berkali-kali melakukan penebangan pohon di kawasan milik perhutani, tiga pelaku mempunyai peran yang berbeda dan pelaku menebang kayu dengan menggunakan mesin chinsaw. Hendak ingin menjual hasil penebangan pohon, berhasil kita tangkap terlebih dahulu." kata Kasat Reskrim, AKP Rina saat di Mapolres Majalengka. Senin, (23/10)

Dari tangan pelaku petugas mengamankan barang bukti yang disita yaitu, 38 batang kayu jenis Sonokeling, 1 batang kayu balok Sonokeling, 6 buah jerigen isi 30 liter dan 1 buah mesin pemotong kayu serta 2 buah handphone.

Dari itu pelaku dijerat dengan pasal 82 ayat 1 Jo pasal 87 ayat 1 UU RI No 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan, dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara dan denda Rp. 500 juta. ** (Sigit).

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top