Importasi Miras Ilegal 5 Kontainer Digagalkan Ditkrimsus Dan Bea Cukai - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Importasi Miras Ilegal 5 Kontainer Digagalkan Ditkrimsus Dan Bea Cukai

Kriminal
importasi miras ilegal 5 kontainer digagalkan ditkrimsus dan bea cukai
Press release

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta - Ditkrimsus Polda Metro Jaya bersama Bea dan Cukai berhasil menggagalkan importasi miras ilegal sebanyak lima kontainer yang masuk melalui Pelabuhan Tanjung Pinang.

Dalam press release yang digelar Polri di Lapangangan Ditkrimsus Polda Metro Jaya, Senin (18/9), Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi mengatakan, dalam kasus ini motif yang dipakai oleh pelaku adalah dengan mengangkut miras ilegal antar pulau dan mempalsukan dokumen perizinan pengangkutan barang dengan alasan barang yang diangkut adalah plastik yang ditutupi oleh sampah.

“Dua dari lima kontainer yang kami amankan diantaranya dicegah di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang oleh Bea dan Cukai Tanjung Pinang pada 26 Agustus 2017. Sementara tiga kontainer lainnya di cegah di Pelabuhan Tanjung Priok oleh Direktorat Penindakan dan Penyidikan, Kantor Wilayah Bea Cukai Jakarta pada 27 Agustus 2017,” ujar Heru.

Heru mengatakan, terbongkarnya penyelundupan ini berdasarkan informasi yang diterima pihaknya terkait pengangkutan miras ilegal pada KM. Meratus Sibolga melalui Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Bintan dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

“Dari penindakan ini, sebanyak 53.927 botol miras ilegal yang nilainya mencapai Rp. 26,3miliar. Dari penindakan, total kerugian negara yang berhasil diselamatkan mencapai Rp. 58miliar,” ujar Heru.

Heru sangat mengapresiasi sinergi yang dijalin oleh pihak Kepolisian dengan Bea Cukai, berkat kerjasama yang baik ini berhasil mengungkap satu lagi penyelundupan barang ilegal.

Sementara itu Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Adi Deriyan Jayamerta mengatakan, para pelaku sengaja menghidari pajak pengiriman barang dengan modus pengiriman plastik sampah.

"Dari Batam masuk ke Pelabuhan Tanjung Pinang itu sudah harus bayar pajak dan bea-cukai. Nah untuk menghindari itu, pelaku modusnya merembeskan barang tersebut," terangnya.MR/Johan


Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top