Kekeringan Di Majalengka, Para Petani Kangkung Manfaatkan Lahan Sungai - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Kekeringan Di Majalengka, Para Petani Kangkung Manfaatkan Lahan Sungai

Peristiwa
kekeringan di majalengka para petani kangkung manfaatkan lahan sungai
Petani kangkung di Majalengka

MEGAPOLITANPOS.COM, Majalengka -Warga Desa Bantrangsana, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka memanen tanaman kangkung memanfaatkan lahan sungai yang kurang air saat musim kemarau untuk menanam kangkung.

Selama ini diketahui warga sekitar lahan sungai itu hanya dipadati sampah dalam musim kemarau, untuk itu inisiatif warga yang berada di pinggiran kali setiap musim kemarau menanam sayuran kangkung.

"Inisiatif para warga yaitu para petani kangkung untuk menjaga dan melindungi habitat pada aliran sungai, sekaligus membersihkan dari sampah disekitar lahan sungai dan bisa menambah penghasilan biaya hidup sehari - hari." Kata Rasja, petani kangkung. Senin,(06/09).

Saat datangnya musim kemarau mereka secara bersamaan membuat kaplingan membentuk petangan-petakan sawah untuk ditanami kangkung. Alhasil mereka dapat panen setelah satu minggu dari musim tanam.

Menurut dirinya, kondisi saat musim kemarau tidak menjadi hambatan untuk menyulap sebagian aliran sungai kemudian ditanami tanaman kangkung dari usaha itupun membuahkan hasil, tiap hari dirinya bisa memanen kangkung untuk kebutuhan keluarga dan berbagi dengan tetangga. Selain itu hasilnya juga ia jual pada pedagang tengkulak untuk dibawa kepasaran.

“Hasilnya memang lumayan untuk mengurangi kebutuhan sehari-hari, dan sisanya kami jual juga,” ujarnya saat di lahan kangkung garapan miliknya.

Adanya kegiatan sepanjang aliran sungai tersebut menambah indahnya kondisi sungai yang sebelumnya kotor dan penuh sampah setelah disulap untuk ditanami kangkung terlihat indah dipandang mata, berbeda dengan kondisi disaat musim hujan tidak bisa beraktifitas menanam kangkung. ** (Sigit)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top