HARI ULANG TAHUN UNIKA ATMA JAYA SAMA DENGAN HARI LAHIRNYA PANCASILA - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

HARI ULANG TAHUN UNIKA ATMA JAYA SAMA DENGAN HARI LAHIRNYA PANCASILA

Pendidikan
hari ulang tahun unika atma jaya sama dengan hari lahirnya pancasila
ultah atmajaya 2015

Jakarta, Megapolitanpos Online : Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau yang biasa disingkat menjadi Unika Atma Jaya berulang tahun yang ke-55 pada 1 Juni. Hari ulang tahun ini sama dengan hari Lahirnya Pancasila, menunjukkan bentuk komitmen para pendiri terdahulu terhadap bangsa Indonesia.

Sekelompok cendikiawan muda Katolik, diantaranya Ir. JP Cho, Drs. Lo Siang Hien-Ginting, Drs. Goei Tjong Tik, IJ Kasimo, JB Legiman S.H., Drs. FX Seda, Pang Lay Kim, Tan Bian Seng, Anton M Moeliono, St. Munadjat Danusaputro, JE Tan, Ben Mang-Reng Say dan beberapa cendikiawan muda awam Katolik lainnya mendirikan Atma Jaya pada tahun 1960. Sebagai bentuk kepedulian terhadap masa depan bangsa, setelah menempuh pendidikan tinggi di dalam dan luar negeri, mereka berembug untuk mendirikan sebuah pendidikan tinggi di Indonesia. Kepedulian ini disambut baik oleh pemimpin bangsa saat itu, Ir. Sukarno, dengan memberikan tanah di Semanggi untuk aktivitas perkuliahan.

Prof. Dr. Ir. M.M. Lanny W. Pandjaitan, M.T. – Rektor Unika Atma Jaya menegaskan, “Tekad para pendiri terdahulu yang mendasari komitmen untuk mengabdikan Perguruan Tinggi ini bagi bangsa. Maka, tanggal lahir Unika Atma Jaya sama dengan hari lahirnya Pancasila. Inilah yang mendasari jiwa kami dalam berkarya hingga sekarang. Universitas dengan semangat kebangsaan dan inspirasi Kristiani yang universal, yaitu melayani bidang pendidikan dengan semangat kasih untuk siapa saja tidak memandang suku, ras, dan agama.”

“Di logo Atma Jaya tergambar jelas, terdapat simbol kelima sila Pancasila yang diterangi oleh sinar Roh Kudus dari burung merpati. Maka, sebagai warga Atma Jaya, kita harus selalu berpegang teguh pada semangat pendahulu untuk setia pada Tuhan dan Tanah Air,” jelas Romo B. Hardijantan Dermawan, Pr., selaku Pastor Atma Jaya ketika menutup misa syukur perayaan ulang tahun Senin kemarin (1/6).

Perayaan syukur ulang tahun kali ini dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dibuka dengan misa syukur yang bertemakan “Inkulturasi”, kemudian dilanjutkan dengan acara keakraban karyawan yang berisi hiburan musik, booth photo doorprize, dan berbagai doorprize lainnya seperti emas lima gram, handphone, dan tiga buah motor. Acara ini juga mengundang artis ibukota yaitu Bams mantan vokalis Band Samson, dan dipandu oleh MC Cak Lontong dkk yang membuat acara semakin semarak. Sebagai informasi, rangkaian acara Lustrum XI Atma Jaya ini disponsori oleh PT Astra Internasional Tbk.

Selain itu, juga disampaikan beberapa penghargaan seperti karyawan teladan mulai dari dosen, tenaga kependidikan, hingga pegawai Rumah Sakit Atma Jaya. Kemudian, diberikan juga penghargaan bagi karyawan yang sudah memberikan ide dan praktik inovatif untuk disumbangkan ke Universitas dalam program Atma Jaya Innovation Award. Lalu, diberikan pula cincin penghargaan bagi karyawan yang sudah mengabdi di Atma Jaya selama 10 hingga 40 tahun. Terakhir, diberikan penghargaan khusus bagi karyawan Atma Jaya yang sudah memberikan sumbangsih karya dan pemikiran tidak hanya bagi Universitas tetapi juga bagi bangsa. Penghargaan ini disebut “Warga Utama Atma Jaya”, dianugerahkan kepada Prof. Dr. Kees Bertens MSC, yang banyak memberikan karya bidang etika di Indonesia baik tulisan, penelitian, maupun pengajaran serta menjadi inisiator dan penggiat program Beasiswa Dokter untuk Indonesia Timur. Beliau pula yang menjadi penggerak Kegiatan Pusat Pengembangan Etika (PPE) di Unika Atma Jaya. PPE ini fokus pada kegiatan pengajaran filsafat dan etika, serta penerbitan buku “Seri Filsafat Atma Jaya” yang menekankan pada etika bisnis dan medis.

Akhirnya, semua acara ini dibalut dengan tema Ulang Tahun ke-55 atau Lustrum XI Atma Jaya yaitu “Bertumbuh Bersama Bangsa”. “Kami ingin mengajak segenap warga Atma Jaya untuk semakin bersyukur, berbagi, dan berkontribusi bagi bangsa dengan ikut mendukung berbagai perkembangan Atma Jaya ke depan,” ungkap Steve Ginting, Ketua Lustrum XI Atma Jaya.

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top