Brigade Anak Jakarta Rayakan Idul Adha Dengan Berbagi Hewan Kurban - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Brigade Anak Jakarta Rayakan Idul Adha Dengan Berbagi Hewan Kurban

Jakarta Utara
brigade anak jakarta rayakan idul adha dengan berbagi hewan kurban
Ketua BRAJA Jakarta Utara, H.Enang Tirtana Alias Bondan

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta - BRAJA atau Brigade Anak Jakarta adalah salah satu organisasi masyarakat atau ormas di DKI Jakarta, yang berdiri pada tahun 2007 dengan dikomandoi oleh Rifky Muhammad Noor atau lebih dikenal Eky Pitung, anak ke tiga dari enam bersaudara ini lahir dari pasangan Ali Ibrachim dan Mardiyah, lahir di Jakarta 14 April 1973. Dengan ciri khas peci merah, eky dikenal di berbagai komunitas di Jakarta. Belasan tahun ia ikut di berbagai organisasi baik lokal maupun nasional bahkan dunia. Pergaulannya yang luas dan sifat supelnya membuat ia bisa diterima kalangan.

BRAJA atau Brigade Anak Jakarta khususnya wilayah Jakarta Utara, dikomandoi H.Enang Tirtana atau disapa Bondan yang juga sebagai Ketua Panitia Qurban, menyampaikan, BRAJA atau disebut Brigade Anak Jakarta dalam melaksanakan penyaluran atau penyembelihan hewan qurban, sebagai bentuk ketaatan kepada Allah dan sebagai bahan pelajaran bagi masyarakat akan pentingnya arti Qurban sehingga masyarakat dapat mengambil suri tauladan dari baginda Nabi Ibrahim AS.

“Ibadah Qurban memiliki berbagai keutamaan yaitu pengampunan dan keridhaan dari Allah SWT, dan amalan yang paling dicintai Allah SWT pada hari raya Idul Adha adalah hewan Qurban,” Ungkap Bondan Kepada Wartawan Megapolitanpos.com, di jl.Kampung muka, Kebon Sayur RT 04 RW 04 Kel.Ancol, Pademangan,Jakarta Utara, Minggu (3/9/2017) Siang.

Disela-sela kegiatan pemotongan hewan qurban tersebut, Eki Pitung selaku ketua Umum BRAJA, Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan suci bagi umat muslim, dimana mereka (yang mampu) diperintahkan untuk berqurban yaitu melakukan penyembelihan hewan qurban yang disyariatkan dalam hukum Islam seperti kambing, sapi, kerbau, onta, dll.

Dikatakannya, tata cara Ibadah Qurban Idul Adha dalam Islam, sebelum melaksanakan pemotongan hewan qurban, umat muslim diperintahkan untuk menunaikan shalat Idul Adha terlebih dahulu, Hari Raya Qurban mengajarkan kita selaku umat pengikut Nabi Muhammad SAW, mampu mengambil contoh sifat dan perbuatan baik serta kepedulian Beliau, kepada sesama hambaNya yang kurang mampu, sebut ketua Ketua Umum BRAJA Eky Pitung .

“Daging qurban tersebut diserahkan kepada para Fakir miskin dan anak Yatim serta para mustahik yang ada di lingkungan masyarakat sekitar dan anggota BRAJA Wilayah Kota Jakarta Utara. Besar harapan kami, kita semua bisa memberikan qurban yang terbaik untuk disembahkan pada Sang Pencipta Allah Swt dan dapat dinikmati dagingnya oleh para hamba-Nya yang kurang beruntung, harap Bondan ketua Panitia Qurban. (Her)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top