Ada Ideologi Baru Yang Mengancam Pancasila - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Ada Ideologi Baru Yang Mengancam Pancasila

Hukum
ada ideologi baru yang mengancam pancasila
poto : megapolitanpos.com

Menko Polhukam Wiranto (baju putih) bersama Menkominfo Rudiantara menjadi pembicara dalam diskusi 'Forum Merdeka Barat 9' pada Kamis (13/7/2017) di Galeri Nasional, Gambir, Jakarta.

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta - Saat ini sudah nyata-nyata muncul kekuatan yang mengusung ideologi yang mengancam Pancasila dan eksistensi negara.

Demikian menjelasan Menko Polhukam Wiranto dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan Forum Merdeka Barat 9, pada Kamis sore (13/7/2017).

Diskusi yang diprakarsai Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) ini khusus membahas terbitnya Perppu nomor 2 Tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan.

Perppu atau Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang tentang Keormasan ini bertujuan membubarkan ormas-ormas yang berfaham radikal yang bertentangan dan mengancam ideologi negara bahkan mengancam eksistensi negara.

Perppu tersebut bertujuan untuk mwmberikan dasar hukum dan memberi legitimasi tentang mekanisme pengawasan ormas yang saat ini sudah berjumlah lebih dari 300 ribu organisasi.

Bagaimana praktek pengawasan itu? "Nanti instansi yang mengeluarkan izin, akan melakukan pengawasan, maka instansi itu nanti akan menilai. Jika setelah diteliti dan diselidiki terbukti ada penyimpangan, maka instansi yang mengeluarkan izin itu bisa mencabut izin tersebut," papar Wiranto.

Apa jaminan pemerintah agar perppu ini tidak bertentangan dengan demokrasi? "Demokrasi itu ada batasnya. Batasnya adalah hukum. Demokrasi itu tidak bebas sebebas-bebasnya. Orang kan bebas berkendara di jalan raya. Tetapi di tidak boleh mengganggu orang lain. Bahkan tidak boleh merusak jalan raya. Nah, perppu ini untuk menyemprit dan menilang," lanjut Wiranto.

Demokrasi dan HAM, memiliki batas dan kendali, yaitu hukum. Dan Indonesia adalah negara hukum.

Dalam diskusi yang dihadiri pembicara dari Kementerian Dalam Negeri, Kemenkumham, Kominfo serta para jurnalis itu ditenkankan pentingnya cinta tanah air. Perppu ini bertujuan memelihara dan mencitai negara dan Tanah Air Indonesia. Karena itu jangan sampai mengidolakan ideologi lain yang justru bakal mengancam eksistensi negara atau Tanah Air Indonesia. (*)


Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top