TMMD Kodim 1016/Plk ke-99 Terpusat di Desa Sai Gohong - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

TMMD Kodim 1016/Plk ke-99 Terpusat di Desa Sai Gohong

Peristiwa
tmmd kodim 1016plk ke-99 terpusat di desa sai gohong
TMMD Kodim 1016/Plk ke-99 Terpusat di Desa Sai Gohong

MEGAPOLITANPOS.COM, Palangkaraya- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun anggaran 2017 resmi di buka, pada Selasa (4/7/2017) pagi. Program TMMD yang ke 99 kali ini terpusat di Desa Sai Gohong, Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya, tepatnya Jalan Poros UPT km 35.

Pembukaan program tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Palangka Raya Riban Satya, di lapangan SDN 2 Sei Gohong. Dalam upacara pembukaan itu turut hadir Pemerintah Kota Palangka Raya, Korem 102/Pjg, jajaran Kodim 1016/Plk, Polres Palangka Raya, dan warga setempat.

Riban Satya mengatakan, berdasarkan hasil kajian di Desa Sai Gohong hanya terdapat satu sekolah negeri. Dan bisa dikatakan, murid sekolah itu berasal dari Desa setempat dan beberapa dari wilayah transmigrasi. Terlebih akses Jalan di sana terbilang nyaris terisolir.

"Kenapa di pilih Desa Sai Gohong ya itu tadi. Dan ini tentunya berdasarkan hasil pengkajian sebelumnya. Ada Jalan namun rusak dan ada jembatan yang sudah termakan usia. Oleh karena itu diharapkan drngan adanya progran TMMD ini, masyarakat dapat terbantu," kata Riban, kepada wartawan, usai memimpin upacara pembukaan, Selasa (4/7/2017).

Ditempat yang sama Dandim 1016/Plk Letkol Czi Alfius Navirida Krisdianto menjelaskan, dalam pelaksanaan program ini pihaknya melibatkan 150 personil satgas dan pendukung. Yaitu Kodim 1016/Plk sebanyak 65 orang, Yonif 631/ATG 10 orang, Yon Zipur 25 orang, Gab Balak Aju Rem 102/Pjg 20 orang, Polri lima orang dan Pemda kota Palangka Raya 25 orang. Selain itu melibatkan masyarakat dimana perharinya sebanyak 20 sampai 40 orang. Pihaknya juga akan memprioritaskan dua pelaksanan. Yaitu pelaksaan non fisiik dan fisik.

"Fokus kegiatan kami pada pembangunan infrastruktur dan membuka keterisoliran. Sementara itu sasaran kami ialah, sasaran fisik seperti pengerasan dan pembukaan badan jalan dengan panjang 2.923 kilometer dengan lebar delapan meter lalu pembangunan dua jembatan yaitu jembatan kayu ulin dan cor beton, kami juga membangun beberapa Pos Kamling," jelas Alfius.

Dilanjutkan Alfius, mengungkapkan, untuk sasaran non fisik pihaknya memfokuskan pada pelayanan KB Kesehatan, penyuluhan kesadaran berbangsa dan bernegara, bela negara dan cinta tanah air. Kemudian penyuluhan Kamtibmas dan narkoba, sosialisasi karhutla, hukum, ceramah agama, pertahanan, perikanan, peternakan dan wurung TNI-AD.

"Program ini tentunya melibatkan lembaga seperti kepolisan terkait sosialisasi hukum, pesan kamtibmas dan narkoba. Tokoh agama, dinas perhubungan, kesehatan serta pertanian," ungkapnya.

Pantauan MP, upacara pembukaan tersebut betjalan dengan lancar. Komandan Upacara pembukaan itu ialah Danramil 05/
Tumbang Jutuh Kapten Inf Suradi. Dhani

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top