Sosialisasi BIAS Di Kecamatan Pinang - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Sosialisasi BIAS Di Kecamatan Pinang

Kesehatan
sosialisasi bias di kecamatan pinang
Pembukaan Sosialisasi BIAS di Kecamatan Pinang

megapolitanpos.com - Pinang - Kepala Puskesmas Panunggangan dr. Harmayani mengatakan sosialisasi BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) dan Kampanye MR (Measles Rubella). Kegiatan rutin setiap tahun dilaksanakan di Kecamatan Pinang, Rabu (26/04).

Namun untuk tahun 2017, " khusus ada hal yang berbeda yaitu kita ingin mengkampanyekan Vaksin MR, "ujar dr. Harmayani kepada megapolitanpos.com.

Lalu, sasarannya adalah untuk anak kelas satu sampai dengan kelas 6 sekolah dasar.

Dan hari ini kami mengundang perwakilan dari masing masing sekolah diwilayah se-Kecamatan Pinang yaitu guru guru UKS(unit kesehatan sekolah).

" Dari Puskesmas Panunggangan 20 SD, MI , Kunciran baru drg. Anna Amelia ada 16 SD, Kunciran dr. OV. Tati Damayanti ada 16 SD.

Masih menurut dokter Puskesmas, sebenarnya Vaksin campak untuk menanggulangi atau mencegah penyakit campak yang disebabkan oleh virus bisa mengakibatkan kematian kalau sudah parah.

Demikian juga dengan vaksin vaksin lainnya karena BIAS menyuntikan vaksin campak, difteri, tetanus dan rubella untuk mencegah virus yang mematikan tersebut.

Vaksi terbaru yang akan dikampanyekan adalah MR untuk mencegah penyakit rubella.

Kasus Campak dan Rubella ada, hasil dari kasus tersebut maka dari vaksin campak dirubah menjadi MR.

Karena dari setiap kasus yang ada penyakit campak diambil darahnya dicek dilab untuk membuktikan campak ternyata hasilnya kebanyakan justru disebakan oleh virus Rubella.

Gejala Rubella atau campak Jerman sebenarnya mirip dengan penyakit campak.



" Namun sebenarnya lebih ringan, badan panas , ruam ruam merah sangat menonjol disekujur tubuh, di hari ketiga dan berlanjut tergantung dari daya tahan tubuhnya, "ungkap dokter Puskemas Panunggangan.



Pada dasarnya Puskesmas di Kecamatan Pinang siap mencegahnya secara bersama sama. Sehingga pentingnya sosialiasi kemasyarakat agar mereka ikut berpartisipasi tidak menolak vaksin tersebut.

"Karena vaksinnya gratis maka tidak ada alasan untuk menolak, "pungkasnya.

Turut hadir saat Sosialisasi BIAS Kasie Kemas Kecamatan Pinang Trisnanto.







Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top