Depok Siapkan Lahan 5000 M2 Untuk TPA Sampah - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Depok Siapkan Lahan 5000 M2 Untuk TPA Sampah

Depok
depok siapkan lahan 5000 m2 untuk tpa sampah
TPA

DEPOK, megapolitanpos.com – Mengantisipasi volume sampah buangan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung yang dikhawatirkan tak mampu menampung lagi buangan enam bulan ke depan, Pemkot Depok menyiapkan dana sekitar Rp 7 miliar untuk membuat tampungan baru seluas 5000 M2.

“Kami memang tengah berupaya untuk mengantisipasi gunungan sampah buangan di TPA Cipayung yang setiap hari bertambah yang diprediksi hanya bertahan enam bulan ke depan,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Etty Suryahati saat melihat TPA Cipayung, Rabu (1/2).

Kondisi tumpukan atau gunungan sampah buangan warga Kota Depok yang diperkirakan mencapai 700 hingga 750 ton setiap hari jika melihat daya tamping kolam atau bak penampungan sampah di TPA Cipayung memang di prediksi hanya mampu bertahan enam bulan ke depan jadi perlu antisipasi sejak sekarang.

Upaya mengantisipasi tersebut, tambah dia, pihaknya memang tengah merencanakan menambah keberadaan kolam atau bak penampungan sampah buangan di areal sekitar TPA Cipayung seluas 5000 meter dan dana yang disiapkan mencapai Rp 7 miliar.

Melihat Bantar Gebang

Tak hanya ingin membangun bak atau kolam penampungan baru seluas 5 ribu meter saja tapi Pemkot Depok juga akan bekerjasama dengan TPA Bantar Gebang untuk mengantisipasi permasalahan tersebut. Kerjasama tersebut bukan sampah yang akan dibuang ke TPA Bantar Gebang tapi akan melakukan studi banding penangganan sampah buangan tersebut.

“Bukan membuang sampah dari Depok ke Bantar Gebang tapi pihaknya bekerjasama untuk melakukan studi banding atau belajar bagaimana cara mengantisipasi penumpukan atau gunungan sampah yang ada di TPA Bantar Gebang,” ujar Etty S karena penangganan di TPA Bantar Gebang juga sudah cukup baik dan lagi tak membutuhkan biaya terlalu besar.

Tak hanya mencari solusi dengan melihat penangganan di TPA Bantar Gebang, imbuh dia, pihaknya sampai saat ini terus melakukan koordinasi dengan Propinsi Jawa Barat agar TPA Nambo, di Klapanunggal, Kab. Bogor dapat segera beroperasi sehingga sampah buangan warga Kota Depok tak hanya bertumpu terhada[p TPA Cipayung saja di masa mendatang. (nt)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top