Warga Pribumi Kampung Luar Batang, Tetap Tolak Penggusuran dan Reklamasi. - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Warga Pribumi Kampung Luar Batang, Tetap Tolak Penggusuran dan Reklamasi.

Jakarta Utara
warga pribumi kampung luar batang tetap tolak penggusuran dan reklamasi
Warga Pribumi Kampung Luar Batang

Megapolitanpos.com, Jakarta Utara – Warga pribumi kampung luar batang, Kelurahan Penjaringan Jakarta Utara, menegaskan akan tetap menolak rencana penggusuran kampung luar batang dan juga reklamasi teluk Jakarta Utara.

Sikap ini disampaikan Faisal selaku Tokoh Pemuda Kampung Luar Batang yang juga Ketua Laskar Kampung Luar Batang, terkait adanya sejumlah tokoh pemuda di Penjaringan, Jakarta Utara, mendukung Pemerintah melanjutkan Reklamasi.

Adanya berita yang menyebut nelayan menerima reklamasi dengan mengutif pernyataan penasihat sekaligus sesepuh pemuda kampung luar batang Haji Junaidi, dan Ormas FBR Luar Batang, Daeng Nurdin, tidaklah benar.

“Kami Warga Pribumi dan Laskar Kampung Luar Batang tetap MENOLAK Pulau-pulau Reklamasi sesuai dengan perjuangan kita selama ini bersama AMJU (Aliansi Masyarakat Jakarta Utara),” ungkap Faisal, Minggu (13/11).

“Kami menolak pernyataan dengan mengatas namakan diri sebagai Tokoh Pemuda Kampung Luar Batang yang mendukung Reklamasi, karena bertentangan dengan prinsip perjuangan kami dan kami merasa Perjuangan Rakyat telah dikhianati dengan Pernyataan diatas,”ucapnya lagi.

Lebih lanjut dia juga mempertanyakan keberadaan FBR Korwil Jakarta Utara yang diresmikan pada Tgl. 6 November 2016 di Kampung Luar Batang dibawah Pimpinan Pak Daeng Nurdin, dimana sepengetahuan kami FBR Korwil Jakarta Utara sudah terlebih dahulu ada dibawah kepemimpinan Ibu Hj. Yusriah Dzinun.

“kami sangat khawatir ini hanya akan menimbulkan dualisme dan bisa melahirkan pertentangandimasyarakat terutama saat ini mereka mengatasnamakan FBR/Pemuda Luar Batang terkait dengan dukungan terhadap Pulau Reklamasi,”ungkapnya.

Faisal pun menceritakan, Laskar Kampung Luar Batang (secara spontan) dilahirkan atau dibentuk oleh Warga Pribumi Kampung Luar Batang, sebagai bentuk perlawanan rakyat terhadap Gubernur Dzalim yang akan menggusur kampung luar batang,” jelasnya.

“Bagi masyarakat kami, Kampung Luar Batang adalah “Kampung Pusaka” yang wajib dipertahankan serta dilestarikan keberadaannya, karena kami menempati kampung ini sudah turun temurun dan juga bila ditinjau latar belakang sejarahnya, Kampung Luar Batang sangat diyakini sudah ada sebelum abad ke 12 (masa kejayaan Pelabuhan Sunda Kalapa di era Kerajaan Hindu Sunda Pajajaran),”Ungkap Faisal.

Faisal menjelaskan, Laskar Kampung Luar Batang lahir untuk menjaga dan mempertahankan hak kepemilikan Warga dan menjaga kelestarian atau keberadaan peninggalan Al Habib Husein Bin Abubakar Alaydrus, Sohibul Maqom Keramat Luar Batang, Sohibul Wilayah..

“Laskar Kampung Luar Batang juga memiliki latar belakang sebagai Kampung Nelayan, sehingga secara pasti dan aktif turut berperan serta menjaga kelestarian ekosistem Pantai/laut Teluk Jakarta dengan bersama-sama seluruh elemen Masyarakat menolak pembangunan pulau-pulau reklamasi.” Jelasnya.

“Selama ini rakyat terus berjuang untuk menolak pembangunan pulau-pulau reklamasi. Karena yang kami ketahui selain merusak lingkungan hidup, dan merusak ekosistem di atas pulau reklamasi yang akan dibangun ribuan unit kamar apartemen, yang nantinya akan ditempati oleh pendatang dari China dan etnis tertentu dengan menggusur perkampungan-perkampungan yang di pesisir Pantai Teluk Jakarta,” tukasnya

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top