Teknologi Rendah Emisi Oleh Clariant - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Teknologi Rendah Emisi Oleh Clariant

Teknologi
teknologi rendah emisi oleh clariant
Clariant

megapolitanpos.com, Kota Tangerang - Clariant, salah satu perusahaan bahan kimia khusus terkemuka di dunia, berkomitmen membantu industri pengerjaan logam dan pengecoran logam di Asia Tenggara. Diantaranya upaya untukmeningkatkankeberlanjutan melalui Teknologi Rendah Emisi (Low Emission/LE).

Francisco Boker, pimpinan High-growth Markets and Specialty Segments, Clariant Business Unit Functional Minerals menerangkan, produkGeko®LE salah satu produk yang memanfaatkan inovasi Clariant pada “Low Emission”akan dipamerkan di Pameran Indometal 2016, di Jakarta, tanggal 25 – 27 Oktober 2016, mendatang. Selama pameran, Clariant akan fokus pada Teknologi LE yang mampu mengurangi emisi sejak tahap awal proses pengecoran logam. Sehingga mendukung proses pengecoran logam yang lebih keberlanjutan dan perbaikan total biaya bagi pengguna.

Disebabkan emisi gas yang dihasilkan pada proses penuangan cairan ke pasirgreensandsangat membahayakan kesehatan, maka peraturan pemerintah dan kebijakan lingkungan akan diperketat di negara-negara Asia Tenggara untuk memastikan praktik yang lebih aman dan lebih berkelanjutan. Peningkatan mutu lingkungan suatu industri menciptakan tantangan bagi pasar pengguna-akhir seperti produksi otomotif yang menggunakanseacoaldalam proses pengecorannya.

“Ketika kesadaran global secara umum telah menyadari untuk lebih menekankan pada pengurangan dampak lingkungan selama proses produksi. Industri juga berkembang menjadi lebih memikirkan keberlanjutan atas dasar pengaruh dari Protokol Gothenburg 2020 tentang emisi,” jelasnya.



Diterangkan, produk-produk Clariant seperti Geko®Super, Geko®Optimum dan Geko®LE, menawarkan manfaat bagi pengguna.Geko®LE akan mengurangi pemakaianseacoaldalam pengecorancast ironFC (grey iron) dan FCD (ductile iron). Manfaat produk Clariant denganTeknologi Rendah Emisi (Low Emission/LE) dapat mengurangi bahaya emisi BTEX(benzen, toluene, ethil benzene, xylene)sejak tahap awal proses pengecoran logam.

Hal itu memungkinkan pengguna untuk mengurangi bahaya emisi BTEX hingga 80% dengan tetap dapat menjaga kualitascastingsyang tinggi dengan produktivitas yang sangat baik serta permukaancastingsyang bersih dan tingkat kerusakan yang rendah. Produk-produk tersebut menciptakan nilai lebih bagi penggunanya dengan memperolehbiaya yang lebih rendah melalui tingkat produktivitas yang lebih tinggi, konsumsi aditif yang lebih rendah dan sedikit limbah. Produk-produk tersebut juga dapat digunakan tanpa suatu perubahan terhadap proses produksi yang telah ada, menghemat waktu dan uang yang sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas fasilitas danpelatihan ulang tenaga kerja.

“Berbagai produk-produk LE telah dikembangkan melalui penelitian laboratorium yang dilakukan secara seksama dan pengujian pelanggan selama empat tahun untuk memastikan keberlanjutan dan produktivitas yang sangat baik. Pengecoran logam yang telah beralih ke Teknologi LE tidak hanya mengurangi dampak lingkungan secara signifikan, namun juga mengurangi total biaya mereka,” paparnya.

Produk Geko®LE juga sudah tersertifikasi dengan label EcoTain®Clariant yang membedakan produk-produk yang memenuhi syarat keberlanjutan dan kinerja yang ketat. Untuk produk-produk teknologi LE, hal tersebut menggambarkan emisi BTEX yang lebih rendah, emisi gas rumah kaca yang lebih rendah, keberlanjutan praktik pertambangan dan dosis aditif yang lebih rendah karena efisiensi yang lebih tinggi. Label EcoTain®memberikan indikator yang jelas mengenai keunggulan, serta sebagai pembeda bagi pelanggan atas nilai tambah tersebut.

“Seluruh produk Clariant sudah tersedia di pangsa pasar Indonesia. Pelanggan yang memilih untuk menggunakan produk-produk Geko®dijamin oleh Clariant dengan proses pertambangan yang berkelanjutan. DimanaClariant memiliki tambang bentonit sendiri dan fasilitas produksi untuk menjamin pasokan yang stabil untuk pelanggannya di wilayah Asia Tenggara,” terangnya.

Tambahnya, produksi domestik pabrik Clariant di Indonesia memastikan pengiriman produk-produk Geko®yang stabil kepada pelanggan Clariant di Asia Tenggara. Serta konsumen dapat memperoleh sistem pengiriman yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan individual pelanggan, seperti pengiriman menggunakan truk silo. Selain itu, seri Geko®memiliki konsistensi produk melalui sistem kontrol kualitasstate-of-the-artyang mencakup pengujian periodik pasirgreensanddan analisis kegagalan produksi.

“Clariant akan memamerkan produk-produk tersebut di Indometal 2016, di booth C09 di Hall A di Jakarta International Expo pada tanggal 25 – 27 Oktober 2016. Tim ahli teknis dan komersial Clariant akan hadir di booth tersebut untuk menjelaskan secara rinci Teknologi LE kepada pengunjung selama acara berlangsung,” pungkasnya.Jhn

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top