Pelayanan Kesehatan Buruk, Rekan Indonesia Siap Gruduk Puskesmas Kalibata - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Pelayanan Kesehatan Buruk, Rekan Indonesia Siap Gruduk Puskesmas Kalibata

Kesehatan
pelayanan kesehatan buruk rekan indonesia siap gruduk puskesmas kalibata
Ketua Rekan Indonesia Jaksel, Tian saat kunjungan ke rumah Ahmad Romdoni.

Megapolitanpos.com. Jakarta -Hak masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan tak bisa dirasakan oleh Ahmad Romdoni warga Kalibata Timur RT 007/008 Pancoran Jakarta Selatan. Sebelumnya Ramdoni rawat inap di RSUD Pasar Minggu, setelah pengobatan selesai pasien dirujuk balik ke Puskesmas Kel. Kalibata I untuk pengobatan Tubercle Bacillus (TB).

Tetapi ketika kembali ke Puskesmas pada tanggal Selasa 18 Oktober 2016 lalu, pasien tidak diberi obat dan tak dijelaskan tentang penyakitnya, padahal obat yang diberi RSUD Pasar Minggu sudah habis. Sempat terjadi perdebatan dengan dokter yang menangani, dokter mempersilakan pasien ke RSUD Pasar Minggu tanpa memberi penjelasan dan surat rujukan.

Setelah kembali ke RSUD Pasar Minggu, pasien disuruh kembali karena tak mendapat surat rujukan dari Puskesmas.

Menurut penjelasan Martha Tiana Hermawan, selaku Ketua Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia Jakarta Selatan dalam wawancara melalui telpon selulernya hari ini (20/10) kejadian yang dialami Romdoni adalah contoh pelayanan kesehatan yang buruk.

"Ini adalah bentuk kesewenang-wenangan Puskesmas Kalibata dalam melayani masyarakat, seharusnya warga yang datang ke Puskesmas diberi penjelasan penyakit yang diderita dan diperiksa. Tapi yang dilakukan Puskesmas Kalibata adalah membiarkan pasien pulang tak membawa obat, padahal penderita TB tidak boleh putus minum obat selama 6 bulan, anehnya lagi dokter tak memberi surat rujukan ketika pasien akan pergi ke RSUD Pasar Minggu". Ungkap Tian panggilan akrab Martha Tiana Hermawan.

Akibat dari pelayanan kesehatan yang tidak memuaskan ini, Rekan Indonesia Jakarta Selatan berencana akan melakukan demonstrasi, hal ini dimaksudkan agar pemerintah lebih giat dalam mengawasi pelayanan kesehatan.

"Kami akan melakukan unjuk rasa dan gruduk Puskesmas Kalibata jika tak ada tindakan tegas terhadap dokter dan Puskesmas," tegas Tian dalam wawancaranya.

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top