Gading Gajah Dan Ular Sanca Gagal Diselundupkan - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Gading Gajah Dan Ular Sanca Gagal Diselundupkan

Kriminal
gading gajah dan ular sanca gagal diselundupkan
Hewan yang gagal diselundupkan

megapolitanpos.com, Bandara Soetta - Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta berhasil menggagalkan upaya penyelundupan hewan-hewan eksostis dan terancam punah, yang seharusnya dilindungi untuk menjaga keberadaannya.

Kepala Bea Cukai Soekarno Hatta Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta Erwin Sitomorang mengatakan Kamis (26/5) berhasil digagalkan 42 ekor kura-kura diselundupkan dari Hongkong oleh penumpang berinisial CHR,"tersangka berhasil ditangkap saat tiba di Terminal kedatangan International 2E Bandara Soetta,"ketika petugas memeriksa bagasi bawaan tersangka ditemukan 42 kura-kura hidup," ujarnya.

Lebih lanjut Erwin mengatakan, hewan lainnya yang gagal diselunjdupkan adalah, seekor biawak yang dikirim melalui jasa kiriman, sekilas paket tersebut terlihat seperti kiriman biasa berupa subwoofer yang dikirim dari Filipina,"namun saat diperiksa oleh petugas, di dalam rongga subwoofer ditemukan seekor biawak yang disembunyikan," jeasnya.

Masih kata Erwin kasus lainnya adalah penggagalan upaya pengiriman dari Ciamis yang akan dikirim ke Malaysia yaitu seeokor ular sanca karpet dan tiga ekor ular sanca cincin.

Kemudian petugas Bea Cukai Soekarno Hatta, berhasil menahan dua orang penumpang berinisial LC dan JH yang tiba dari China, kedua orang tersebut menyelundupkan burung dengan memasukan kedalam kantong kecil lalu menempelkan kanting-kantong tetsebut ke dalam celana,"saat petugas menggeledah kedua tetsangka ditemukan 25 ekor burung dalam celana kedua tetsangka," katanya.

Tangkapan yang cukup besar menurut Erwin adalah petugas Bea Cukai Bandara Soetta berhasil mengamankan 377 buah gading gajah, petugas menangkap 2 orang tersangka WN China dengan inisial CZ dan CY yang tiba di terminal kedatangan 2D Soekarno Hatta setelah terbang dengan pesawat EY 474 rute Lagos-Abu Dhabi-Jakarta, pada tanggal 21/5 2016,"tersangka menyembunyikan gading-gading itu dalam koper bagasi," pungkasnya.

Perkiraan nilai dari penyelundupan tersebut adalah sekitar Rp 21 milyar lebih, untuk pengembangan lebih lanjut para tersangka dan barang bukti diserahkan ke Balai Besar Karantina Hewan Soekarno Hatta, Balai Karantina Ikan Soekarno Hatta dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta, untuk diproses lebih lanjut.Johan

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top