Usaha Telur Puyuh, Slamet Wuryadi Hasilkan Rp30 Juta per-hari - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Usaha Telur Puyuh, Slamet Wuryadi Hasilkan Rp30 Juta per-hari

Bisnis
usaha telur puyuh slamet wuryadi hasilkan rp30 juta per-hari
Selamet wuryadi, disela acara Penguatan Jaringan Usaha Sentra Peternak Puyuh Melalui KUR dan IUMK di Jakarta, Kamis 14/4

JAKARTA, megapolitanpos.com – “ tidak ada telur dan daging apapun yang telur dan dagingnya mengalahkan gizi dan telurnya puyuh,dan tidak ada lemak dan kolestrol apapun yang mengalahkan amannya telur dan dagingnya puyuh,”.

Demikian dikatakan Ketua Asosiasi Peternak Puyuh Indonesia (APPI) Selamet wuryadi dalam acara launching Kemitraan KUKM dengan tema ‘Penguatan Jaringan Usaha Sentra Peternak Puyuh melalui KUR dan IUMK’, yang digelar di ruang Nareswara gedung Smesco Tower Jakarta, kamis (14/4/2016).

Slamet menegaskan hal tersebut dengan maksud menampik Mindset di masyarakat bahwa Telur dan daging Burung Puyuh banyak mengandung kolesterol.

Dikatakannya peluang dari ternak puyuh sangat terbuka lebar. Pasalnya, produksi dari para peternak belum bisa memenuhi permintaan pasar yang masih sangat tinggi.

Slamet yang pernah menolak ditawari kerja di negri jiran Malaysia dengan gaji 350 juta/bulan itu dan pernah meraih penghargaan wirausaha termuda terbaik se- jawa barat mengatakan, ada 5 keunggulan dalam sentra usaha Puyuh.

Pertama: Telur puyuh belum pernah dijual dibawah modal, modal Rp200 terjual Rp300, untung Rp 100. “ Telur (Puyuh) saya menghasilkan 300.000 butir dengan keuntungan Rp100, berarti bisa menghasilkan Rp30 Juta /hari,” imbuhnya.

Kedua: Perminttaan pasar jabodetabek, propinsi Banten dan Priangan timur perlu pasokan puyuh 12,5 juta / minggu , saat ini baru disiapkan 3,5 juta butir / minggu,berati masih perlu 9 juta butir lagi.

Ketiga : Produknya selalu dibayar tunai oleh pasar, tidak pernah diutang.

Ke-empat: Para korporasi tidak pernah masuk keranah puyuh, masih di berdayakan oleh usaha kecil menengah.

Kelima : 3 in 1(Tri In One),3 telur puyuh setara dengan 1 butir telur ayam kampung, harga 3 telur puyuh baru Rp900, sedangkan 1 butir ayam kampung saat ini berkisar Rp2500, jadi yang ada di kulkas ibu-ibu harusnya telur puyuh.

Slamet yang memulai usahanya bermodalkan awal Rp175 ribu dan saat ini telah memiliki asset sekitar 36,5 Milyar mengatakan ada keunggulan lain dalam puyuh selain dapat di buat Bakso juga dapat di buat makanan lainnya.

“ Harga bakso Rp10.000, harusnya curiga dengan harga daging yg semakin mahal, ada yang di campur daging babi, tikus dll, “ kata dia.





Menurutnya, modal beternak puyuh relatif kecil. Seorang peternak pemula bisa mulai usaha hanya dengan investasi sekitar Rp15 jutaan.

Dengan modal itu, peternak akan mendapatkan bibit puyuh sebanyak 1.000 ekor, plus 5 buah kandang. Harga bibit bibit puyuh sendiri sekitar Rp2.750/ekor.

Setelah usia 45 hari, seekor puyuh mulai bisa bertelur dengan produksi 1 telur/hari. Seekor puyuh bisa tetap berproduksi hingga usia 1,8 tahun. Jika sudah tidak berproduktif, puyuh bisa dijual untuk diambil daginya sekitar Rp55.000-60.000/ekor.

Soal pakan pakan, puyuh juga terbilang ternak yang tidak merepotkan karena peternak bisa mengolah pakan sendiri. Jika tidak mau repot, peternak bisa membeli pakan jadi dengan harga Rp5.500/kg. Setiap 1.000 ekot puyuh, biasanya menghabiskan sekitar 22Kg/hari. “Harga telur puyung relatif stabil, saat ini sekitar Rp285/butir,” katanya.

Selain itu, peternak juga bisa memanfaatkan kotoran puyuh untuk dibuat kompos penyubur tanaman. Kotoran juga bisa dimanfaatkan untuk bahan bioetanol.

Untuk itu, pihaknya berharap pemerintah ikut mendorong melalui sosialisasi gerakan budi daya puyuh. Pemerintah juga diminta lebih memperhatikan para peternak puyuh dan jangan hanya menganakemaskan peternak lainnya seperti ayam, sapi, ataupun domba.

“Pemerintah harus memperhatikan puyuh karena ini unggas lokal yang punya potensi besar untuk dikembangkan, dan ini adalah mutiara terpendam milik bangsa,” imbuhnya. (r.achmadsholeh@yahoo.co.id).



Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top