Komnas HAM Akan Hadiri Sidang "Kriminalisasi" Gusti Gelombang - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Komnas HAM Akan Hadiri Sidang "Kriminalisasi" Gusti Gelombang

Hukum
komnas ham akan hadiri sidang kriminalisasi gusti gelombang
Gusti Gelombang dan Pengacara

Kalimantan Tengah, MP: Gusti Gelombang Bin Gusti Djendro Suseno saat ini sedang menjalani proses hukum di Pengadilan Negeri Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah . Ia didakwa melakukan tindak pidana penggelapan dalam jabatan atau dalam hubungan kerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 374 KUHP. Kasus yang menjerat Gusti Gelombang ini adalah berdasarkan laporan PT. Bumitama Gunajaya Abadi (BGA) di Polresta Kota Waringin Barat. Kasus Gusti Gelombang ini ada muatan kriminalisasi.

Kriminalisasi ini kuat dugaan ada hubungannya dengan perjuangan Gusti Gelombang membongkar penipuan dan kredit Fiktif yang diduga dilakukan oleh PT. Bumitama Gunajaya Abadi (BGA) pada bulan Juli 2009 sebesar Rp.66.443.105.641,- (enam puluh enam miliar empat ratus empat puluh tiga juta seratus lima ribu enam ratus empat puluh satu rupiah) melalui koperasi Kompak Maju Bersama. Demikian bunyi rilis yang disamapaikan penasehat hukuk Gusti Gelombang, Ronald Siahaan SH dan Judianto Simanjuntak SH kepada Megapolitan Pos, Rabu (30/3/2016). Modus pencairan kredit ini dengan cara memalsukan tanda tangan warga yang merupakan anggota Koperasi.

Dugaan penipuan dan kredit fiktif tersebut telah dilaporkan Gusti Gelombang dan beberapa anggota Koperasi ke pihak kepolisian yaitu Polsek Kota Waringin Lama, Polresta Kota Waringin Barat, Polda Kalimantan Tengah, dan Mabes Polri, tetapi sampai saat ini tidak ada tindak lanjut laporan/pengaduan tersebut. Kasus Gusti Gelombang ini terkesan dipaksakan, tidak murni untuk penegakan hukum. Jelas kriminalisasi ini merupakan upaya membungkam Gusti Gelombang membongkar penipuan dan kredit fiktif yang diduga dilakukan PT. Bumitama Gunajaya Abadi (BGA), sebagai pihak yang melaporkan Gusti Gelombang ke pihak kepolisian.

Sidang kasus Gusti Gelombang ini akan berlanjut pada hari Kamis, 31 Maret 2016. Agenda Sidang Mendengar Pendapat Komnas Ham, dan Pemeriksaan Terdakwa Gusti Gelombang Bin Gusti Djendro Suseno di Pengadilan Negeri Pangkalan Bun, Jalan Sutan Syahrir, No. 16, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Pukul 10.00. Wib. “ Kehadiran Komnas dalam persidangan kasus Gusti Gelombang ini sangat penting karena hal ini merupakan salah satu tugas dan kewajiban Komnas HAM sebagaimana diatur dalam pasal 89 ayat (3) huruf h UU. No 39 Tahun 1999 Tentang HAM, yaitu memberikan pendapat terhadap perkara tertentu yang sedang dalam proses peradilan bilamana dalam perkara tersebut terdapat pelanggaran hak asasi manusia,” kata Ronald. (MR)


Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top