Samakan Persepsi Dan Eratkan Soliditas, Bawaslu Gelar Rakor Gakkumdu. - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Samakan Persepsi Dan Eratkan Soliditas, Bawaslu Gelar Rakor Gakkumdu.

Berita Daerah
samakan persepsi dan eratkan soliditas bawaslu gelar rakor gakkumdu
Rakor Sentra Gakkumdu Kota Pagaralam,menghadapi Pemilu 2019

MEGAPOLITANPOS: Pagaralam- Dalam Pemilihan umum (Pemilu), baik Presiden maupun Legislatif yang akan digelar tanggal 17 April 2019 mendatang. Selain berperan sebagai pengamanan dan menjaga ketertiban agar tercipta Pemilu yang berkualitas dan berintegritas, polisi juga bersama Bawaslu dan Kejaksaan yang tergabung dalam sentra Penegakkan hukum terpadu (Gakkumdu), juga berperan sebagai penegak hukum.

Demikian disampaikan Kasatreskrim Polres Pagaralam, Iptu Acep Yuli Sahara dihadapan Panwascam se-Kota Pagaralam, ketika dirinya didaulat sebagai narasumber pada rapat koordinasi (Rakor) tentang sentra Gakkumdu tingkat Kota Pagaralam Sumatera Selatan dalam rangka pengawasan pemilu 2019, yang digelar di aula Hotel Favour Pagaralam Selatan, Jum'at sore (12/4).

" Peran Kepolisisan dalam Pemilu selain sebagai pengamanan demi lancarnya pesta demokrasi ini, juga berfungsi sebagai penegak hukum bersama Bawaslu dan Kejaksaan, yang tergabung dalam Gakkumdu," papar Acep selaku koordinator Gakkumdu Kota Pagaralam.

Masih menurut Acep, jika ditemukan dugaan pelanggaran atau tindak pidana pemilu, baik itu berupa laporan masyarakat ataupun temuan dari panwas dan penyelenggara pemilu lainnya, yang telah melalui pemeriksaan dan klarifikasi, maka sistematika penangannya sesuai Undang-undang Nomor 7 tahun 2017, pasal 476 ayat (1), laporan dugaan pelanggaran harus diteruskan kepolisi paling lama 1 x 24 jam, sejak pihak Bawaslu atau Panwascam menyatakan bahwa perbuatan yang diduga merupakan tindak pidana pemilu, " Dari laporan tersebut barulah kami melanjutkannya ke tahap penyidikkan untuk memastikan apakah tindakkan pelanggaran tersebut masuk dalam kategori pidana pemilu, tentunya dengan melalui koordinasi bersam sentra Gakkumdu, sebagaimana diatur dalam pasal 476 ayat (2)," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, kasi Pidum Kejaksaan Negeri Pagaralam, Mahendra, SH, MH, menyatakan kesiapan pihaknya sebagai anggota Gakkumdu dalam menangani pelanggaran pemilu nantinya," Kejari Pagaralam sebagai anggota Gakkumdu telah siap bekerja dengan menempatkan jaksa terbaiknya jika nanti ada ditemukan pidana pemilu," tutur Mahendra.

Sementara itu ketua Bawaslu Kota Pagaralam, Emi Deshartika, SPd mengatakan, rapat koordinasi sentra Gakkumdu tingkat Kota Pagaralam bertajuk ' Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu', dilaksanakan untuk menyamakan persepsi antar anggota Gakkumdu dalam menangani dugaan pelanggaran pemilu yang menjurus ke pidana pemilu, juga sebagai pembekalan untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi seluruh Panwascam dalam menjalankan fungsi pengawasan Pemilu dilapangan.

" Untuk menciptakan pemilu yang berkualitas, sesama anggota sentra Gakkumdu harus menyamakan persepsi dan mejalin kerjasama yang solid sebagai tim, seperti tertuang dalam Peraturan Bawaslu Nomor 9 Tahun 2018, Tentang Sentra Gakkumdu," kata Emi.

Diakhir penyampaiannya, ketua Bawaslu Pagaralam mengutif kalimat bijak anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo, terkait sentra Gakkumdu yang dibentuk untuk menyelesaikan masalah pelanggaran tindak pidana pemilu dengan putusan yang dirasa adil buat semua pihak yang berperkara," Sentra Gakkumdu ini kan dibentuk seperti halnya Pegadaian, menyelesaikan masalah tanpa masalah baru, jadi jangan sampai ada masalah dalam penegakkan hukum pemilu nanti," pungkas Emi.(JF)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top