Sebanyak 17.702 Alat Khusus Untuk Penyandang Tuna Netra Di Sebar Ke TPS - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Sebanyak 17.702 Alat Khusus Untuk Penyandang Tuna Netra Di Sebar Ke TPS

Kab Tangerang
sebanyak 17702 alat khusus untuk penyandang tuna netra di sebar ke tps
Alat khusus untuk tuna netra

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Tangerang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang sudah siapkan alat khusus untuk pemilih penyandang disabilitas tuna netra, yaitu kertas dengan huruf braile yang akan disediakan disetiap TPS yang ada di 29 Kecamatan, Kamis (11/4).

Wily Patria Kasubag Keuangan Umum dan Logistik KPU menyampaikan ada sekitar 17.702 alat khusus untuk penyandang disabilitas tuna netra yang akan di sebar di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Untuk alat khusus tuna netra ada 17.702, yang terbagi dua 8851 untuk pileg, dan 8851 nya lagi khusus untuk pilpres, kami akan menaruh 2 alat di setiap TPS nya, “ ujar Wil, Kamis (11/4).

Wily menjelaskan, jika alat tersebut berbentuk kertas yang didalamnya terdapat huruf braile yang nantinya akan memudahkan pemilih tuna netra untuk menentukan pilihannya, ia juga mengatakan nanti tim dari KPU akan membantu untuk mengarahkannya.

“alat ini merupakan sebuah kertas yang terdapat huruf braile, yang bentuknya seperti map. Nanti surat suaranya dimasukan kedalam kertas braile nah diatas kertanya itu ada huruf braile jadi pemilih tuna netra ini bisa meraba kertasnya dan menentukan pilihannya sendiri, tentu nanti akan dipandu juga oleh petugas untuk memasuki TPS nya untuk memberikan alat bantunya karena alat untuk memilih capres berbeda dengan caleg, “ tambahnya.

Wily juga berharap untuk pemilu tahun 2019 ini partisipasi pemilih di Kabupaten Tangerang mencapai 80%, dan masyarakat tidak melakukan golput atau tidak menentukan pilihannya, ia juga menghimbau agar masyarakat berangkat ke TPS 17 April nanti.

“Semoga tahun ini partisipasi pemilih mencapai 80%, dan angka golput semakin berkurang, saya himbau kepada masyarakat Kabupaten Tangerang agar berangkat ke TPS 17 April nanti untuk menentukan pilihannya, karena rugi jika hak suara kita tidak digunakan, “ harapnya.

Sementara itu, Ali Zaenal Abidin Ketua KPU Kabupaten Tangerang mengatakan, jika alat bantu tersebut untuk mempermudah pemilih tuna netra, agar tetap bisa menentukan pilihannya, karena merut Ali semua warga negara memiliki hak untuk menentukan pilihan.

“Alat bantu ini intinya untuk memudahkan para pemilih yang memiliki keterbatasan agar tetap bisa memilih dan menentukan pilihannya, karena semua warga negara memiliki hak untuk menentukan suaranya, “ ucapnya.(sul)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top