Ridwan Kamil Jangan Salah Pilih Kadis Kesehatan Jabar - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Ridwan Kamil Jangan Salah Pilih Kadis Kesehatan Jabar

Berita Daerah
ridwan kamil jangan salah pilih kadis kesehatan jabar
Agung Nugroho, Ketua Nasional Rekan Indonesia (kedua dari kanan)

MEGAPOLITANPOS.COM. Bandung. Rekan (Relawan Kesehatan) Indonesia meminta agar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak salah dalam memilih figur Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes). Pasalnya, Jawa Barat merupakan provinsi besar yang memiliki beragam tantangan pelik di bidang kesehatan.

Diperlukan figur yang kompeten, tangguh, memiliki leadership yang unggul serta memahami karakteristik problem kesehatan di berbagai wilayah Jabar. Lebih lanjut, RK juga diingatkan agar tidak mengulangi kesalahan DKI Jakarta, dimana pengangkatan Kadinkes yang dinilai kurang tepat justru menjadi isu politis yang berlarut-larut dan berpotensi mengganggu jalannya pemerintahan daerah. Seperti diketahui, akhir Maret lalu Panitia Seleksi Jabatan Kadinkes telah mengeluarkan hasil seleksi, dimana tiga peserta seleksi terbaiknya adalah dr. Berli Hamdani GS, drg. Marion Siagian, dan Sri Sudartini. Berli saat ini merupakan Kadinkes Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalbar, sedangkan dua calon lain menjabat Kepala Bidang di lingkungan Dinkes Jabar.

"Permenkes nomor 971 tahun 2009 tentang standar kompetensi pejabat struktural kesehatan harus dijadikan acuan secara mutlak. Tidak masalah jika calon terbaik dadi tiga nama itu berasal dari luar Pemprov Jabar, karena yang paling penting adalah kompetensinya," kata Agung Nugroho, Ketua Rekan Indonesia di Bandung hari ini (11/4).

Nama Berli sendiri cukup populer di lingkungan pemangku kepentingan sektor kesehatan di Jabar. Ia merupakan calon yang dianggap komplit; selain memiliki pengetahuan mendalam tentang seluk beluk permasalahan kesehatan di Jabar, putra daerah ini mempunyai "jam terbang" yang tinggi bahkan mampu berprestasi saat ditugaskan di provinsi lain.

"Calon yang cakap harus diback-up oleh Gubernur, jangan sampai dihambat oleh lobi-lobi politik. Sektor kesehatan ini vital dan banyak janji RK di bidang kesehatan yang harus direalisasikan. Kami stakeholders mengingatkan pentingnya Gubernur tidak salah langkah di awal," tegas Agung. Nama Kadinkes terpilih dikabarkan akan diumumkan RK dalam beberapa hari ke depan.

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top