Mayjen TNI Eddie M. Nalapraya Launching Buku Legenda Tokoh Pencak Silat Indonesia - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Mayjen TNI Eddie M. Nalapraya Launching Buku Legenda Tokoh Pencak Silat Indonesia

Umum
mayjen tni eddie m nalapraya launching buku legenda tokoh pencak silat indonesia
Eddie M. Nalapraya

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta - Mayjen TNI (Purn) DR. (HC) Eddie M. Nalapraya menggelar Launching buku berjudul 'Legenda tokoh Pencak Silat Indonesia' yang ditulis oleh Firdhiana Wahyu Putra, S.Pd serta peringatan haul Tokoh pejuang silat dan tokoh pejuang Betawi di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Dalam sambutannya bapak silat dunia ini mengungkapkan terima kasih kepada penulis dan semua pihak yang terlibat dalam penulisan buku tersebut. Ia mengungkapkan bahwa buku ini ditulis terkait dengan penghargaan sebagai tokoh budaya yang telah diberikan oleh Universitas Indonesia dan kehadirannya di padepokan PSHT Solo.

"Buku ini saya setuju untuk ditulis awalnya PSHT mengundang saya untuk meresmikan di padepokan Solo, saat itu saya prihatin karena ada pesilat yang tidak tahu prestasi silat yang diraih di tingkat internasional." kata Eddie.

Eddie mengatakan bahwa dirinya mengembangkan silat karena bagian dari budaya Indonesia. Silat mengajarkan budi pekerti yang luhur dan aspek beladiri itu sendiri salah satunya.

"Indonesia ini merdeka karena diperjuangkan maka pencak silat juga sebagai aspek ketahanan dan bela negara." ungkap mantan Kasdam V/Jaya ini.

Ada dua buku sebenarnya yang sudah ditulis mengenai dirinya tambah Eddie, satunya lagi yaitu buku berjudul 'Jenderal Tanpa Angkatan' yang mengkisahkan perjalanan dirinya dalam tubuh TNI hingga menjadi Jenderal tanpa melalui pendidikan akademi.

"Alhamdulillah saya sampai pensiun mendapat bintang dua, itupun karena harus menjadi wakil gubernur DKI Jakarta." ungkap mantan wakil gubernur DKI Jakarta tahun 1984-1987 ini.

Yang akan datang lanjut Eddie, pada Juni tahun 2020 nanti akan diadakan festival pencak silat betawi yang pertama. Ia berharap semua perguruan yang ada di Betawi untuk mengambil peran termasuk PS. Sin Lam Ba.

"Walaupun umur mau 88 tapi otak masih di silat. Waktu dapat penghargaan di UI dari perguruan silat Sin Lam Ba menawarkan saya untuk demo diserang, Alhamdulillah ilmu yang saya pelajari di Sin Lam Ba masih ada dan bisa digunakan." ungkap tokoh yang telah diangkat menjadi sesepuh oleh perguruan silat Sin Lam Ba ini.

Diakhir sambutannya Eddie berpesan kepada seluruh pesilat agar menghadiri setiap undangan yang diterima dan berusaha untuk bisa hadir. Sebab, apabila batin sudah menyatu maka fisik akan bertemu.

Turut hadir dalam acara perguruan silat dari Betawi diantaranya PS. Sin Lam Ba, Putera Betawi, perwakilan PB IPSI Beni Sumarsono, Presiden silat Eropa, Presiden silat Suriname serta organisasi masyarakat yang ada di Betawi.(MR)

Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top