Kompetisi Discovery Camp, 3 pelajar SMP Brighton Raih Medali Emas Menuju Kompetisi JSO Thailand - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Kompetisi Discovery Camp, 3 pelajar SMP Brighton Raih Medali Emas Menuju Kompetisi JSO Thailand

Pendidikan
kompetisi discovery camp 3 pelajar smp brighton raih medali emas menuju kompetisi jso thailand
Para Pemenang Discovery Camp 2019

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta – Tiga siswi pelajar SMP Brighton, Ertara Alya Vin, Azalia Cinta Zahirah Putri dan Aurelia Maharani Putri ( kelompok 7 ) raih medali emas dalam ajang kompetisi Discovery Camp yang diselenggarakan Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sejak 21 - 23 Maret 2019 di gedung PP-IPTEK Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Ketiga siswi tersebut mengaku terkejut dan histeris saat pengumuman dibacakan dewan juri dan kelompoknya meraih medali emas dan berhak mengikuti ajang kompetisi internasional “Junior Science Odyssey (JSO)” yang akan diadakan pada tanggal 9 – 15 Juni 2019 di National Science Museum (NSM), Thailand.

“ Kami bertiga pesimis dan hampir pulang, pasrah dan tidak menduga sama sekali bisa meraih medali emas, karena peserta semuanya pintar luar biasa, kami mengira akan mendapatkan perunggu saja, “ ungkap Ertara Alya Vin seperti diamini sejawatnya Azalia Cinta Zahirah Putri dan Aurelia Maharani Putri, usai penyerahan hadiah di PP-IPTEK, Sabtu(23/03/2019).

Dengan rasa haru mereka saling berpelukan disertai isak tangis kegembiraan dan menuturkan bahwa kemenangannya adalah berkat dorongan dari orang tua, guru serta teman-temannya disekolah.

“ Dorongan orang tua, para guru dan tema-temanlah yang membuat kami semangat dalam mengikuti Kompetisi Discovery Camp ini dan semoga bisa membawa nama baik sekolah ,” ujar Azalia, Aurelia dan Ertara.

Seperti diberitakan sebelumnya PP-IPTEK menyelenggarakan Discovery Camp yang merupakan kegiatan kompetisi keterampilan ilmiah yang dikemas dalam bentuk perkemahan. Tema kegiatan “Discovery Camp” ini adalah The Role of Youth in Communicating Science for Sustainable Development Goals (SDGs) in Indonesia yang diangkat dari tema besar kegiatan JSO 2019.

PesertaDiscovery Camp” diikuti sebanyak 25 kelompok yang terdiri dari 75 orang pelajar yang berasal dari 11 SMP/SMA di wilayah Jabodetabek yang berusia 13 – 15 tahun, dimana dalam satu kelompok terdiri atas 3 orang siswa/siswi.

Direktur PP-IPTEK, M. Syachrial Annas sebelumnya mengatakan Para peserta yang ikut “Discovery Camp” harus memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam menciptakan ide-ide secara langsung, mampu berbahasa Inggris secara aktif, dan mempunyai kemampuan sosialisasi yang tinggi karena nantinya pada kegiatan “Junior Science Odyssey (JSO) ” yang akan diadakan pada tanggal 9 – 15 Juni 2019 di National Science Museum (NSM), Thailand, tiap peserta juga akan dikelompokkan dengan peserta dari negara lain untuk berkompetisi.

“PP-IPTEK akan selalu mempersiapkan lomba-lomba yang berjenjang sampai pada level internasional dengan matang. Hasil dari kegiatan Discovery Camp membuat kita lebih siap dalam memperoleh hasil yang baik dan bisa membanggakan bangsa di tingkat internasional. Semoga kita bisa berhasil menjadi pemenang di event-event internasional.” ujar Annas.

Annas menjelaskan, peserta JSO berasal dari 13 negara anggota ASEAN Plus Three (Jepang, Korea, China), serta negara tamu seperti Swedia, Australia, dan Nigeria. Junior Science Odyssey (JSO) merupakan ajang kompetisi siswa usia 13 – 15 tahun di bidang sains terkait dengan kemampuan untuk memanfaatkan peralatan laboratorium dan melakukan pemecahan masalah terhadap suatu penelitian yang dituangkan dalam bentuk presentasi poster ilmiah.

“ Kegiatan JSO adalah wadah bagi siswa dalam bersosialisasi dengan siswa dari negara lainnya. Oleh karena itu, kegiatan “Discovery Camp” akan mempersiapkan siswa/siswi Indonesia dalam berkompetisi melalui berbagai program imiah yang sesuai dengan tema,” terangnya.

Sementara itu Kepala Sub Divisi Peragaan, Ichsan Surur yang juga selaku juri pada acara tersebut mengatakan para pesertaDiscovery Camp semuanya pintar dalam menuangkan ide, mempresentasikan dan mengembangkan sesuai tema The Role of Youth in Communicating Science for Sustainable Development Goals (SDGs) in Indonesia.

“ Kita juga mewajibkan menggunakan bahasa inggris, karena nantinya dalam rangka persiapan JSO di Thailand mereka akan terbiasa berkomunikasi dengan para peserta dari negara lain ,” imbuhnya.

Daftar Pemenang Kompetisi Discovery Camp 2019 :

Gold:

SMP Brighton (Kelompok 7)

- Ertara Alya Vin

- Azalia Cinta Zahirah Putri

- Aurelia Maharani Putri

Silver:

SMP Brighton (Kelompok 2)

- Steven Karlisius Silaban

- Nakeshia Angela Valentina Situmorang

- Cindy Evani



Silver:

SMP ISLAM TUGASKU (Kelompok 2)

- Fellyssya Faradila Hiko

- Mushtafa Hafizh Ismarrahman

- Nasya Nur Azizah



Bronze:

MTS Istiqlal (Kelompok 1)

- Asti Azalia

- Indria Zahidah

- Nuha Nazeeha

Bronze:

SMP BRIGHTON (Kelompok 8)

- Diffie Alfierie Iswanto

- Regina Rachel Sheerya Butarbutar

- Nayyara Azzahra Mahdani



Bronze:

SMPN 115

- Isabel Angelina Sianturi

- Axel Manuel Bisuk Raja Mangatur Manurung

- Sirhan Zafirah



# Ach.Sholeh/AL

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top